Gol Persib Dianulir, Robert Alberts Sebut Sepak Bola Indonesia Harus Berbenah

Bandung menang 1-0 atas Barito Putera dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2021 yang digelar di , Tangerang, Sabtu (4/9/2021). Padahal Persib hampir saja meraih kemenangan lebih dari satu gol seandainya wasit mengesahkan gol .

Ada beberapa peluang tercipta bisa berbuah manis untuk Persib Bandung dalam pertandingan tersebut, seperti misalnya tendangan Marc Klok yang membentur mistar gawang Barito Putera dan tendangan yang membentur tiang gawang.

Bahkan Mohammed Rashid mampu menggetarkan jala gawang Barito Putera yang dikawal pada babak pertama. Sayang, gol tersebut dianulir wasit karena pemain asal Palestina itu dianggap sudah dalam posisi offside.

menilai bahwa momen tersebut sebagai situasi yang 50-50. Pelatih asal Belanda itu bahkan mengklaim asisten wasit terburu-buru mengambil keputusan.

“Dari sudut pandang kami, karena kami duduk di bench, saya bisa katakan keputusan itu fifty-fifty. Kami bisa melihat saat Marc melepas umpan kepada Rashid, pemain Barito Putera melakukan pergerakan,” ujar Robert di Bandung, Selasa (7/9/2021).

“Itu keputusan yang seharusnya dipertimbangkan 1-2 detik, tapi wasit sudah mengambil keputusan dan ofisial keempat yang berada di sisi kami tidak bisa mengonfirmasi apakah itu offside atau tidak,” lanjut pelatih Persib Bandung itu.

Dari pertandingan tersebut, Robert Alberts mengaku sepak bola Indonesia memang masih harus terus diperbaiki dan dibenahi agar ke depan sepak bola Indonesia bisa lebih baik lagi dan lebih maju.

“Ini bukan untuk mengkritisi. Apa yang coba kami sampaikan setiap saat adalah supaya untuk membenahi sepak bola di sini. Untuk bisa membenahi situasi seperti ini dan membantu wasit,” ungkap pelatih asal Belanda itu.

Robert Alberts menilai penggunaan Video Assistant Referee (VAR) sangat diperlukan di Indonesia guna membantu wasit di lapangan.

“Menurut saya, wasit akan terbantu dengan adanya VAR karena itu sudah diperkenalkan di sepak bola dunia. VAR juga kini sudah diterima meski pada awal diperkenalkan ada banyak masalah,” ujar Robert.

“Namun, melihat sekarang, offside itu offside, jelas dan itu membantu wasit mengambil keputusan. Jika kami tidak mencetak gol dari tendangan bebas, tapi kami mencetak gol dari yang dianulir itu karena ternyata onside, tentu akan membantu pertandingan, membantu sepak bola, dan membantu wasit juga dalam membuat keputusan yang adil,” lanjut pelatih Persib Bandung itu.

Robert Alberts mengaku menjadi wasit memang bukan perkara mudah. Kepemimpinan wasit diakui oleh pelatih asal Belanda tersebut akan selalu ada dalam kondisi tertekan dan sulit untuk bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat.

Namun, Robert Alberts optimistis dengan kehadiran teknologi yang membantu seperti VAR, justru tekanan untuk wasit akan berkurang dan sang pengadil lapangan bisa bekerja dengan lebih baik.

“Itulah mengapa teknologi ada, karena untuk membantu mereka,” ucap pelatih berusia 66 tahun itu mengakhiri.

Persib Bandung akan menjalani laga pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 dengan menghadapi Tangerang, Sabtu (11/9/2021).

Berita Terkait