Saat Pandemi, Bagaimana Tata Kelola Ruang Ganti Pemain di Venue Liga 1?

Kompetisi teratas sepak bola Tanah Air, Liga 1 musim 2021-2022, bergulir di tengah pandemi virus corona.

Hal tersebut membuat perhelatan -2022 harus berjalan sesuai protokol kesehatan (prokes) yang berlaku.

Pihak penyelenggara Liga 1 sejauh ini konsisten menerapkan prokes di setiap elemen pertandingan, termasuk soal tata kelola ruang ganti pemain di masing-masing venue atau stadion.

Tata kelola atau prosedur pengendalian ruang ganti pemain menjadi penting karena di sana rawan terjadi kerumunan.

Setiap stadion perlu memiliki tata kelola ruang ganti yang jelas dan tepat, terutama ketika harus menggelar dua pertandingan dalam satu hari dengan jadwal berdekatan.

Situasi itu terjadi dalam rangkaian pekan perdana Liga 1, Minggu (5/9/2021), yang menyajikan duel vs dan vs Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua laga tersebut berlangsung di satu venue, yakni Cibinong, Jawa Barat.

Jeda antara kedua laga pun tak terlalu lama. Duel Makassar vs Arema FC yang berlangsung mulai pukul 18.15 WIB baru rampung sekitar pukul 20.00 WIB.

Pemain Arema FC mendapat kartu merah setelah melanggar pemain PSM Makassar pada pekan 1 Liga 1 2021 yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Pakansari Bogor, Minggu (5/9/2021) malam.

Sementara itu, berselang 30 menit kemudian, laga Sleman vs Persija Jakarta sudah harus dimulai.

Otomatis, para pemain dan staf dari kubu PSS Sleman dan Persija Jakarta sudah memasuki lapangan beberapa menit sebelum peluit kick-off dibunyikan pada pukul 20.30 WIB.

Setelah melihat minimnya jeda waktu antara kedua laga, muncul pertanyaan terkait transisi di ruang ganti pemain Stadion Pakansari Cibinong.

Sekilas, muncul juga kekhawatiran akan adanya kerumuman saat dua tim yang selesai bertanding keluar meninggalkan stadion, sementara dua tim yang hendak berlaga masuk ke ruang ganti atau menuju lapangan.

Setelah ditelusuri, pihak penyelenggara beserta panitia pelaksana (panpel) telah memiliki prosedur untuk mengantisipasi hal tersebut.

Mereka punya tata kelola yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga tidak terjadi kerumunan saat transisi dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya.

Tata kelola di Stadion Pakansari itu dijelaskan oleh Local Media Officer, Nandang Permana, saat dihubungi KOMPAS.com pada Minggu (5/9/2021) malam WIB.

Pertama, Nandang menjelaskan bahwa Stadion Pakansari memiliki empat ruang ganti pemain.

“Ruangan ganti (di Stadion Pakansari) ada empat. Jadi, setiap stadion ada empat ruang ganti dan itu berjauhan,” kata Nandang.

Setelah itu, Nandang menjelaskan secara rinci terkait transisi saat dua tim yang akan bertanding memasuki lapangan, sementara dua tim lainnya pergi meninggalkan stadion.

Prosedur tersebut dirancang untuk memastikan tidak adanya kerumunan di sekitar ruang ganti maupun lorong pemain.

Dengan kata lain, dua tim yang akan bertanding tidak akan berpapasan dengan dua tim sebelumnya.

“Jadi, yang satu main, yang satu ada di ruang ganti. Seperti tadi, ketika PSM dan Arema main di lapangan, otomatis ruang ganti mereka dikunci,” ujar Nandang.

“Nah, Persija dan PSS menunggu (di ruang ganti berbeda). Sebelum laga PSM dan Arema selesai, dua tim ini harus masuk ruang ganti dulu, tidak boleh ada yang di luar,” ucap Nandang.

“Setelah pertandingan selesai, ketika Arema dan PSM sudah masuk ruang ganti, barulah Persija dan PSS menuju lapangan,” ucap Nandang.

“Setelah semua ada di lapangan, ruang ganti PSS dan Persija dikunci, sementara Arema dan PSM baru boleh meninggalkan stadion,” katanya.

“Jadi, poin pentingnya adalah panpel tidak akan membiarkan ada kerumunan di lorong pemain,” tutur Nandang menjelaskan.

Adapun pelaksanaan Liga 1 di tengah pandemi virus corona digelar menggunakan sistem seri yang terkonsentrasi dalam satu wilayah.

Pada Seri 1, stadion yang digunakan sebagai venue pertandingan bertempat di sekitar wilayah Jabodetabek.

Keputusan menggelar Seri 1 di Jabodetabek diambil berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan stakeholder terkait.

Sejauh ini, stadion yang sudah digunakan sebagai venue pertandingan Liga 1 2021-2022 adalah Gelora Bung Karno Jakarta, Pakansari Cibinong, Indomilk Sport Center Tangerang, dan Wibawa Mukti Bekasi.

Berita Terkait