Gol Sah Tapi Dianulir Wasit, Pelatih Persib Minta Liga 1 Terapkan VAR

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts berharap BRI Liga 1 menggunakan Video Assistant Referee (VAR)

Persib Bandung meraih kemenangan di pekan perdana BRI Liga 1 2021-2022 usai mengalahkan Barito Putera, Sabtu (04/09/21) di Stadion Indomilk Arena.

Dalam pertandingan tersebut, tim berjulukan Maung Bandung sukses memperoleh kemenangan dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal ke gawang Laskar Antasari dicetak oleh Marc Klok.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menyoroti hal janggal di laga melawan Barito Putera.

Diketahui, Maung Bandung sedianya bisa menang 2-0, namun gol Mohammed Rashid di menit ke-32′ dianulir wasit karena dianggap dalam posisi offside.

Robert Rene Alberts lantas mengunggah hasil tangkapan layar (screenshoots) yang memperlihatkan posisi Rashid sebelum mencetak gol.

Juru taktik asal Belanda masih sangsi akan keputusan wasit sehingga menyebut VAR adalah solusi yang tepat di Liga 1.

“Bagaimana menurut kalian? Onside atau offside? VAR bisa menjadi solusinya. Bagus..,” tulis Robert Rene Alberts di akun Instagramnya.

Para netizen, termasuk Mohammed Rashid, sang pencetak gol pun langsung mengomentari unggahan Robert Rene Alberts dengan mengamini usulan sang pelatih mengenai VAR.

“Saya pikir VAR dibutuhkan (di Liga 1),” tulis @moerashih95.

“Dulu wasitnya yang nggak bener, sekarang hakim garis. Liga ngelawak,” tulis pemilik akun @fikri_riszak

“Onside tapi wajar belum ada VAR, Liga besar Eropa sering seperti ini sebelum ada VAR, Liga 1 butuh VAR. Fokus pertandingan berikutnya,” tulis pemilik akun @rifki95if

Robert Rene Alberts juga menilai bahwa skuatnya masih minim menciptakan peluang, meski menang di laga pertama mereka.

“Saya rasa, jika melihat selama 90 menit, kami menguasai ball possession. Memang kami tidak cukup menciptakan banyak peluang jika melihat keunggulan penguasaan bola, kami seharusnya bisa lebih kreatif dan efektif,” kata Robert Alberts setelah pertandingan.

Robert Alberts menambahkan, lini pertahanan Persib pada pertandingan tersebut berjalan dengan baik, sehingga tidak banyak bola berbahaya yang mengarah ke penjaga gawang Maung Bandung, Muhammad Natshir.

Persib Bandung selanjutnya akan bertemu Persita Tangerang pada matchday kedua BRI Liga 1 2021-2022, Sabtu (11/09/21).