Rumit Susun Jadwal, PT LIB Tetap Yakin Liga 1 Selesai April 2022

PT Baru (LIB) tetap yakin /22, selesai pada April tahun depan. Meski, pelaksanaan kompetisi kasta teratas sepakbola nasional tersebut sempat mengalami pemunduran jadwal.

Semula Liga 1 2021/22, dilaksanakan pada 20 Agustus. Akan tetapi, terpaksa diundur ke 27 Agustus sesuai dengan kesepakatan antara pemerintah dan Kepolisian Republik Indonesia ().

musim ini berbeda dibanding musim-musim sebelumnya. terpaksa melakukan perubahan karena dampak pandemi virus corona yang melanda Tanah Air, sejak tahun lalu.

Seluruh pertandingan Liga 1 digelar di Pulau Jawa dengan menggunakan sistem bubble to bubble. Semua laga dilangsungkan tanpa penonton dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Sampai saat ini, skema liga masih sesuai jalan sehingga kita bisa rampung pada April 2022. PT LIB optimistis,” kata direktur operasional PT LIB Sudjarno.

Kendati begitu, PT LIB memiliki tantangan tersendiri dalam menyusun jadwal pertandingan. Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 38 Tahun 2021, laga Liga 1 bisa digelar di wilayah yang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 2.

Selain itu, maksimal setiap pekannya Liga 1 2021/22, digelar sembilan pertandingan. Kondisi tersebut yang membuat PT LIB harus memutar otak dalam menyusun jadwal.

“Sebisa mungkin nantinya kami lakukan akselerasi. Kami memakai jeda-jeda waktu di sela kompetisi dengan mempertimbangkan agenda internasional seperti SEA Games,” ujarnya.

Supaya memudahkan, PT LIB merilis /22, tidak mencantumkan lokasi pertandingan. Klub dikasih tahu calon lawan yang dihadapi, hari, tanggal, dan waktu bermain.

Nantinya, PT LIB memberitahukan tempat berlaga H-2 jelang pertandingan digelar. Seluruh klub Liga 1 tidak ada yang bermasalah dengan situasi tersebut.

Berita Terkait