Hasil Verifikasi AFC, Lisensi Pelatih Bali United Tak Penuhi Regulasi Liga 1

Bali mendapat jawaban atas hasil verifikasi lisensi kepelatihan Teco. Ternyata, pelatih asal Brasil itu memiliki lisensi kepelatihan setara A AFC atau tak memenuhi regulasi 2021/2022.

Dalam regulasi Liga 1, pelatih kepala wajib memiliki lisensi kepelatihan AFC Pro atau setera jika berasal dari konfederasi lain. Untuk mengetahui hasil kesetaraan, klub wajib mengajukan verifikasi ke AFC.

Bali United menjadi salah satu tim yang mengajukan kesetaraan lisensi pelatih. Mereka mengajukan verifikasi atas lisensi Teco dan sang pelatih kiper .

Baca Juga Pemain Asing Tak Kunjung Tiba, Bali United Sudah Punya Opsi Baru di Gelandang Serang
Baca Juga Tak Puas Kalahkan di Liga 1, Pelatih Bali United Maksimalkan Analisis Video

Hasil verifikasi baru keluar saat pembukaan Liga 1, yang mempertemukan Bali United lawan , Jumat (27/08/21). Itulah kenapa Teco didaftarkan masuk bench sebagai manajer dan Marcelo sebagai Interpreter atau penerjemah.

“Kami dapat keterangan penyetaraan dari AFC hari Jumat saat pertandingan pembuka Liga 1,” ucap manajer Bali United, Michael Gerald, Rabu (01/09/21).

Dari hasil verifikasi, Michael Gerald mengatakan lisensi Teco setara dengan A AFC. Sementara untuk didaftarkan sebagai pelatih kepala, Teco wajib memiliki lisensi setara AFC Pro.

Kasus ini bukan saja dialami Bali United. Aceh pun menghadapi situasi sama karena Hendri Susilo baru mengantongi lisensi A AFC. Namun, memberi dispensasi pada Persiraja.

“Lisensi dari coach Teco setara dengan lisensi A AFC. Iya benar sama (Hendri Susilo). Soal itu (dispensasi), nanti tunggu keterangan dari PSSI,” jelas Michael Gerald.

Sebenarnya, bukan Teco saja yang belum memenuhi regulasi kepelatihan untuk Liga 1. Sang asisten pelatih, juga baru mengikuti kursus kepelatihan lisensi B AFC di Padang, awal tahun ini.

Padahal, untuk menjadi asisten pelatih klub Liga 1, figur tersebut wajib memiliki lisensi minimal A AFC. Dalam laga lawan Persik Kediri, Antonio Claudio didaftarkan sebagai video technical analysis.

Sementara Yogi Nugraha yang posisi aslinya merupakan seorang pelatih fisik terdaftar sebagai pelatih kepala Ad interim Bali United. Yogi sendiri sudah mengikuti lisensi A AFC pada 2019 lalu.

Berita Terkait