Penyegaran Wasit Liga 1 2021 Tak Berhubungan Kontroversi 3 Laga Awal

menggelar seleksi dan asisten wasit untuk kompetisi 2021-2022. Seleksi dilakukan di Hotel Novotel Bogor Golf Resort & Convention Centre, Jawa Barat, mulai 30 Agustus sampai 1 September 2021.

Seleksi wasit sempat ikut dikait-kaitkan dengan keputusan kontroversial kinerja wasit yang mewarnai tiga laga pembuka -2022.

Terlebih lagi, Ketum PSSI sudah membuka agenda untuk melakukan investigasi untuk meningkatkan mutu wasit.

Akan tetapi, rumor tersebut dikonfirmasi oleh asisten wasit yang mengantongi lisensi , Fajar Furqon.

Dia mengatakan seleksi ini merupakan bagian persiapan yang rutin dilakukan sebelum memulai kompetisi.

“Memang ini agenda tiap tahun. Biasanya bergulir sebelum liga dimulai, tetapi karena menunggu kepastian akhirnya dilaksanakan setelah liga bergulir,” ujar Fajar Furqon kepada Kompas.com.

“Jadi, (seleksi ini) tidak berhubungan dengan kejadian di awal liga. Kalau melakukan kesalahan, ada evaluasi individu yang salah itu. Nah, hasil evaluasi itu bermacam-macam sesuai dengan tingkat kesalahannya dan juga berdasarkan penilai wasit di setiap pertandingan,” katanya.

Sementara itu, untuk kegiatannya, Fajar Furqon mengatakan bertema penyegaran. Wasit-wasit diberikan pembekalan untuk menyamakan visi dan misi di kompetisi baru.

Selain itu, tes fisik juga menjadi agenda utama. Wasit dan asisten wasit wajib menjalani serangkaian tes fisik khusus untuk mengukur kesiapan kondisi fisik memimpin pertandingan.

“Peraturan permainan itu setiap tahun ada amendemen. Nah, penyegaran itu mempelajari itu dan menyamakan persepsi,” kata Fajar Furqon.

“Selain penyegaran, hal ini juga untuk mengecek kondisi kebugaran wasit dengan fitness test standar yang sudah ditentukan FIFA. Ada beberapa level fitness test,” ucapnya.

“Ada juga yang kondisional jika tidak ada lintasan atletik, yang digunakan ada tes dynamic yo-yo untuk wasit dan ARIET (assistant referee intermittent endurance test) untuk asisten wasit,” katanya.

Berita Terkait