PSSI & PT Liga Indonesia Baru Berharap Tiga Laga Lolos Ujian

PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru () berharap pemerintah memberikan lampu hijau agar 2021/22 dapat dilanjutkan berkaca dari tiga pertandingan yang telah digelar sepanjang akhir pekan ini.

Tiga pertandingan pertama Liga 1 memang menjadi ujian dari pemerintah dalam memberikan izin pelaksanaan kompetisi sepakbola antarklub kasta tertinggi di Indonesia ini. Jika berjalan lancar, pemerintah tidak ragu mengeluarkan izin untuk melanjutkan Liga 1.

Ketiga pertandingan yang menjadi uji coba itu adalah Bali United versus di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, lalu duel antara dan Persita Tangerang di Stadion Pakansari, serta terakhir partai Bhayangkara FC kontra Banda Aceh.

Direktur utama Akhmad Hadian Lukita mengungkapkan, secara keseluruh tiga pertandingan ujian ini berjalan dengan lancar. Ia berharap pemerintah memberikan kabar baik setelah mendapat laporan dari PSSI dan PT LIB.

“Kami sudah menyiapkan kerangka laporan, dan kami juga setiap hari dipantau dari Kemenkes (kementerian kesehatan), satgas (satuan tugas) daerah setempat. Saya lihat semua petugas sangat serius mengamati kami,” ujar Akhmad.

Kami malam ini langsung membuat laporan, dan pagi harinya dirapatkan dulu dengan PSSI. Selanjutnya kami akan laporkan ke Kemenkes. Mudah-mudah ada berita baik setelah laporan, karena kami sudah menyiapkan rencana untuk ke depannya.”

Hal senada diungkapkan Mohammad Iriawan. Orang nomor satu di PSSI ini memuji kinerja Satgas dalam menjalankan tugasnya selama pelaksanaan tiga pertandingan ujian itu. Ia mencontohkan teguran satgas kepada seseorang yang berada di tribune, karena duduk berdekatan.

“Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar. Saya tadi senang melihat satgas protokol kesehatan yang menegur salah satu penonton yang berdekatan. Itu memang tugas Satgas untuk menerapkan Prokes dengan ketat,” ucap Iriawan.

“Pastinya LIB nanti akan berdiskusi dengan menteri kesehatan dan institusi terkait. Terima kasih kepada unsur yang terlibat, sehingga tiga pertandingan berjalan aman, lancar, sukses, dan terkendali.”

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar menyatakan, pihaknya tidak keberatan dengan penggunaan sebagai venue pertandingan Liga 1. Apalagi angka kasus pandemi COVID-19 di Kabupaten Tangerang mengalami penurunan.

“Seluruh tahapan protokol kesehatan sudah ditempuh dengan baik. Ini menjadi simulasi yang baik untuk pertandingan-pertandingan berikutnya. Di Kabupaten Tangerang [angka kasus pandemi] sudah sangat melandai, dan BOR (Bed Occupancy Rate) di posisi kurang dari 30 persen. Semoga Liga 1 bisa berjalan baik, dan tuntas hingga akhir musim,” tutur Zaki. (Goal)

Berita Terkait