Cara Bayu Gatra Ciptakan Peluang Tambah Pemasukan di Tengah Pandemi

Turunnya izin dari Jenderal Polisi membawa kepastian 2021-2022 akan bergulir pada 27 Agustus 2021.

Tak lama lagi pesepak bola akan kembali kepada rutinitasnya, termasuk winger , .

Dia berkisah selama pandemi banyak cerita asam manis penuh perjuangan.

Namun, berawal dari sebuah keadaan yang tidak baik, kini dia memiliki lahan baru yang bisa membantu menghidupi keluarganya.

Masa-masa pandemi ini memang sulit baginya dan keluarga. Vakumnya kompetisi selama satu tahun terakhir membuat kehilangan pendapatan utama.

Tak mau berpangku tangan dengan kondisi yang ada, Bayu Gatra dan sang istri berinisiatif berwirausaha dengan menjual sepatu dan peralatan kecantikan.

Kegiatan tersebut juga termasuk menjaga diri tetap aktif di sela-sela program latihan mandiri yang dilakukan.

“Pada saat pandemi yang saya lakukan utamanya tetap latihan dan menjaga kesehatan. Saya juga ada usaha kecil-kecilan sama istri dari nol saat pandemi,” ujar pemain asal Jember itu kepada Kompas.com, Rabu (15/6/2021).

“Ya selama pandemi sulit, kami juga tidak ada pemasukan, yang ada tabungan berkurang terus selama satu setengah tahun ini,” katanya.

Bayu Gatra mengatakan usaha yang dirintis sebagai bentuk ikhtiar untuk keluar dari situasi sulit.

Pelan-pelan usaha yang dirintisnya bersama sang istri berkembang. Walaupun hasil yang didapatkan tidak sebesar gajinya sebagai pesepak bola, hal itu tetap disyukuri, bisa mendapatkan pemasukan.

“Pandemi begitu-begitu terus juga, liga luar sudah jalan, masak kita tidak jalan-jalan juga. Solusinya kami tetap berdoa dan berikhtiar kerja keras,” kata mantan pemain Makassar itu.

Hingga saat ini, Bayu Gatra tidak menyangka kesulitan di tengah pandemi mendatangkan hikmah luar biasa berupa usaha tambahan yang kini sudah berjalan cukup lancar.

Dia mengatakan usaha ini akan tetap dijalankan bersama sang istri walaupun Liga 1 2021 sudah akan berjalan kembali.

Bahkan, dia sudah mulai memikirkan rencana untuk mengembangkan usahanya ke bidang lain.

“Ada hikmahnya, lumayan untuk menambah pemasukan. Membuat kita kreatif dengan kegiatan positif di sela-sela latihan,” tutur pemain kelahiran tahun 1991.

“Sampai sekarang masih tetap jalan dan akan tetap lanjut meskipun liga sudah mulai. Beberapa bulan ini berkembang ke jasa pengiriman,” katanya.

Bayu Gatra menegaskan sudah siap berkompetisi. Seluruh persiapan telah dilakukan semaksimal mungkin baik secara individu maupun tim.

Dia berharap agar semua diberikan kelancaran sambil menunggu hari H pelaksanaan kickoff Liga 1 2021-2022.

“Mudah-mudahan liga berjalan dengan lancar, tidak ada gangguan lagi karena liga luar sudah berjalan,” ucapnya.

“Kesiapannya sudah siap 100 persen, apalagi kami sudah latihan intens bersama tim dan mempersiapkan diri dengan baik. Sekarang tinggal menunggu waktu kickoff dan jadwal,” katanya.

Berita Terkait