Widodo Cahyono Putro Siapkan Mental Pemain Persita Tangerang Hadapi Persipura Jayapura

Pelatih Persita Tangerang Widodo Cahyono Putro terus berusaha meningkatkan sejumlah aspek anak asuhnya menjelang pertandingan perdana mereka di Liga 1 2021/22 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/8).

Widodo mengakui menjalani pertandingan perdana tidak akan mudah. Apalagi ini merupakan laga pertama setelah mereka mengalami ketidakpastian kompetisi lebih dari satu tahun akibat pandemi virus Corona.

Selain itu, laga antara Persipura dan Persita menjadi satu dari tiga pertandingan pertama pada akhir pekan yang mendapat perhatian serius, karena bakal menentukan nasib perjalanan kompetisi musim ini.

Situasi itu membuat Widodo harus mempersiapkan anak asuhnya semaksimal mungkin. Tidak hanya fisik, tapi juga mental pemain. Widodo berharap pemain tidak terpengaruh dengan situasi di sekitar mereka.

“Karena di kompetisi nanti, pertama adalah kesiapan tim dari segi mental, lalu fisik pemain, terus siapa yang ada kesempatan, dan bisa memanfaatkan kesempatan itu. Merekalah yang bisa memenangkan pertandingan,” ujar Widodo dikutip laman PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Widodo juga tidak ingin terlena dengan kemenangan 3-1 atas Persipura dalam pertandingan uji coba pada Juni lalu di Stadion Kelapa Dua Sport Center. Laga itu digelar sebagai persiapan menyambut Liga 1 yang sebelumnya dijadwalkan bergulir 9 Juli.

Menurut Widodo, hasil uji coba tak bisa menjadi tolak ukur tim besutannya bisa dengan mudah mengatasi Persipura. Sebab, atmosfer di laga itu akan berbeda dibandingkan sebelumnya.

“Saya kira acuan dari uji coba itu hanya beberapa persen untuk kepercayaan diri kita menuju kompetisi. Makanya saya sudah bicara pada pemain, jangan itu dijadikan tolok ukur untuk keberhasilan kita dalam suatu uji coba,” mantan arsitek Bali United tersebut.

“Jadi kesiapan yang lebih penting di dalam mempersiapkan kompetisi ini. Kesiapan yang lebih optimal sebelum dan sesudah uji coba itu. Kita tidak usah berpikir kita uji coba bisa mengalahkan. Itu bukan jaminan.”

Persita sudah mempunyai empat pemain asing pada musim ini, yaitu bek Adam Mitter, gelandang Bae Sin-yeong dan Harrison Cardoso, serta ujung tombak Alex Goncalves.