Jelang Liga 1, Jacksen F Tiago Tak Mau Gegabah Menerka Kekuatan Lawan

Pelatih Persipura Jayapura, , tak mau gegabah menerka kekuatan calon lawan yang akan dihadapi di BRI 2021-2022. Alasannya karena pasti sudah berubah drastis.

“Saya rasa kita tidak bisa memastikan karena kami belum melihat mereka bermain. Banyak perubahan dibanding Piala kemarin. Banyak klub yang berubah, yang lepas pemain dan rekrut pemain baru,” kata Jacksen, Kamis (26/8/21).

Selain melihat adanya perubahan komposisi tim, Jacksen juga menyebut pandemi juga menjadi salah satu faktor yang membuat setiap tim saling ekstra waspada dengan skuat masing-masing.

“Sangat sulit ditebak kekuatan masing-masing tim pada kompetisi tahun ini karena kita semua masih berhubungan dengan virus corona di antara kita,” ujar Jacksen F. Tiago.

“Virus itu meskipun pemain dalam kondisi sehat tanpa cedera, kemudian pemain itu tak bisa tampil karena suatu waktu bisa berhubungan dengan virus corona,” cetusnya.

Tak hanya itu, Jacksen juga mengakui bahwa tanpa kehadiran penonton dan bermain di tempat netral, setiap kontestan akan memiliki motivasi yang sama. Sehingga, kekuatan mereka akan sangat sulit ditebak.

“Kami tahu kekuatan lawan cuma sebatas di atas kertas. Jadwal liga akan padat, bermain di tempat netral, dan bermain tanpa penonton. Semua itu akan berdampak kepada kekuatan masing-masing peserta. Sehingga, sulit menebak kekuatannya,” ungkapnya.

Kendati demikian, pelatih asal Brasil itu mengatakan Persipura sedikit diuntungkan dengan pengalaman sebagai tim musafir selama beberapa musim terakhir. Hal tersebut akan menjadi modal positif untuk bermain lebih lepas tanpa tekanan.

“Yang jelas, Persipura punya sebuah kelebihan karena pada kompetisi sebelumnya tahun 2019 maupun awal 2020, kami bermain di tempat netral tanpa penonton,” jelas Jacksen F. Tiago. 

“Sehingga, apa yang sedang terjadi saat ini bukan hal baru buat kami. Secara logika, mungkin adaptasi Persipura akan lebih mudah dibanding peserta-peserta lain,” pungkasnya.

Berdasarkan jadwal terbaru yang dirilis operator kompetisi, (LIB), Persipura Jayapura akan mengawali perjalanan mereka di Liga 1 2021-2022 dengan menghadapi di Stadion Pakansari, Sabtu (28/8/21).

Berita Terkait