Duel Pelatih Persipura Vs Persita di BRI Liga 1: Mantan Kolega yang Beda Prestasi

Pertandingan pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022 akan menyajikan pertemuan antara Persipura Jayapura kontra Persita Tangerang. Laga ini dijadwalkan berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/8/2021) malam.

Dari sisi prestasi, kedua tim tentu saja berbeda jauh. Persipura merupakan salah satu raksasa di Indonesia dengan koleksi tiga gelar Indonesia Super League (ISL). Sementara Persita belum sekalipun menjuarai kompetisi kasta tertinggi.

Pertemuan ini melahirkan satu fakta unik dari kursi kepelatihan. Adalah Jacksen F. Tiago (Persipura) dan Widodo C. Putro (Persita) yang akan beradu strategi memenangkan pertandingan ini.

Semasa bermain, keduanya dikenal sebagai rekan dan pernah satu tim saat masih berseragam Petrokimia Putra. Jacksen dan Widodo sama-sama penyerang andalan tim tersebut yang meraih runner-up Liga Indonesia 1994-1995 setelah dikalahkan Persib Bandung.

Musim itu adalah pertemuan pertama keduanya. Widodo C Putro menjalani momen yang indah dengan menjadi top scorer tim berkat sumbangan 18 golnya. Ia juga menyabet gelar individu pemain terbaik di musim tersebut.

Beda Cerita
Dari segi prestasi semasa bermain, Widodo bisa dibilang lebih apik. Dia dua kali mempersembahkan gelar Divisi Utama, bahkan dua musim beruntun. Masing-masing untuk Persija Jakarta (2001) dan Petrokimia Putra (2002).

Sedangkan Jacksen hanya pernah sekali meraih gelar kasta tertinggi, tepatnya bersama Persebaya Surabaya di Liga Indonesia 1996/1997. Gelar individu sebagai pencetak gol terbanyak dengan 26 disabetnya di musim tersebut.

Lain cerita sebagai pemain, lain pula pengalaman Jacksen dan Widodo selama merintis karier sebagai pelatih. Untuk urusan ini, Jacksen jauh lebih mentereng.

Sebanyak tiga gelar ISL Persipura Jayapura didapat saat Jacksen memegang kendali tim sebagai arsitek. Masing-masing terjadi di musim 2008/2009, 2010/2011, dan 2013.

Widodo Hampir Juara
Widodo belum pernah belum memiliki trofi yang dibukukannya saat menangani tim kasta tertinggi. Ia membawa Persita promosi dari Liga 2 2019 ke Liga 1 berstatus sebagai tim peringkat ketiga.

Satu-satunya prestasi yang membanggakan buatnya adalah saat hampir membawa Bali United menjuarai Liga 1 2017. Kala itu, Serdadu Tridatu dan Widodo terpaksa harus puas dengan runner-up akibat keputusan “kontroversial” operator kompetisi yang membuat Bhayangkara FC menjadi kampiun.

Dengan pengalaman panjang dan perkenalan mereka, bukan hal yang aneh bila kedua pelatih ini akan saling memuji menjelang duel ini.

Meski lebih diunggulkan, Persipura dan Jacksen tetap tak boleh memandang sebelah mata calon lawannya ini. Persita menang 3-1 atas Mutiara Hitam dalam laga uji coba dua bulan lalu, tepatnya 13 Juni 2021. (bola.com)