Widodo C Putro: Minim Persiapan Jadi Fenomena di Liga 1 2021-2022

Pelatih Persita Tangerang, Widodo C Putro mengakui musim 2021-2022 begitu istimewa. Banyak pembatasan dan rintangan tetapi pada saat bersamaan ada tantangan yang menarik untuk diselesaikan.

Pelatih Persita Tangerang tersebut mengatakan pandemi Covid-19 membuat tim kesulitan mempersiapkan diri. Vakumnya kompetisi membuat skuad bermain tidak punya media untuk tumbuh.

Sementara, inisiatif mengembangkan diri juga lebih rumit karena adanya pembatasan demi pembatasan.

Kondisi tersebut diperparah dengan inkonsistensi jadwal pelaksanaan yang terus berubah-ubah.

Hal inin tentu mengacaukan program tim serta memberikan efek samping negatif terhadap pemain.

“Saya kira karena sepak bola ini kan terus berkembang dan ini yang susahnya untuk menjaga konsistensi, terutama di masa pandemi,” ujar Widodo Cahyono Putro kepada Kompas.com.

“Pada saatnya kita sudah memulai kompetisi ternyata tidak jadi, molor lagi sampai beberapa bulan. Ini yang secara psikis memengaruhi beberapa kesiapan di dalam individu pemain.”

“Namun, kita juga pelan-pelan membangun dan sekarang kondisinya sudah mulai normal kembali,” imbuhnya.

Skuad Persita Tangerang melakukan latihan perdana pada Rabu (3/3/2021) di Stadion Indomilk Arena di Jalan Raya Legok, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Klub berjulukan Pendekar Cisadane ini mempersiapkan diri untuk Turnamen Piala Menpora 2021 dan berharap Liga Indonesia bergulir kembali tahun ini.

Imbas utamanya akan tampak pada saat kompetisi dimulai. Tim mau tidak mau dipaksa siap tampil dengan kondisi kurang maksimal.

Widodo Cahyono Putro melihat ini jadi sebuah fenomena di Liga 1 2021-2022, sebab mayoritas tim Liga 1 terimbas termasuk Persita Tangerang saja.

Namun, kembali lagi, fenomena ini menjadi bagian dari tantangan pandemi yang menarik untuk diselesaikan.

Setiap klub pun pasti memiliki cara sendiri-sendiri untuk mengatasinya, begitu pula dengan Pendekar Cisadane.

Tanpa mencari alasan, Widodo Cahyono Putro dengan lugas menyatakan bahwa Persita Tangerang sudah siap kembali berkompetisi apapun rintangan yang harus dilalui.

Laga uji coba Persita Tangerang versus Persipura Jayapura, Minggu (13/6/2021) di Stadion Indomilik Arena, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Persita menang 3-1.

“Secara keseluruhan kami siap untuk kompetisi di awal ini. Akan tetapi, kami jangan sampai lemah karena semua tim juga pasti akan mempersiapkan diri meski mungkin kurang ideal,” tutur legenda hidup Timnas Indonesia.

“Mereka akan mempersiapkan dengan luar biasa saya kira. Saya yakin mereka juga punya taktik serta strategi dan sudah mempelajari beberapa kali kami uji coba,” tuturnya lagi.

Realistis dengan kondisi, Widodo Cahyono Putro tak mau muluk-muluk menentukan target.

Dia hanya ingin tim mengerahkan seluruh pikiran dan tenaganya untuk fokus meraih kemenangan di setiap pertandingan.

“Target kami di setiap pertandingan inginnya menang. Target saya itu.”

“Apapun mungkin terjadi tapi kami akan sekuat tenaga untuk memenangkan setiap pertandingan dan memperlihatkan permainan terbaik untuk Persita di musim ini,” pungkas mantan pelatih Bali United tersebut.