Umuh Muchtar: Keterlaluan Kalau Persib Tidak Juara BRI Liga 1

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, optimistis dengan kekuatan Maung Bandung menghadapi BRI Liga 1 2021/2022. . Bahkan, ia yakin Persib Bandung bisa mengulang sukses seperti di ISL 2014.

Umuh mengaku merasa lega akhirnya kompetisi BRI Liga 1 bisa digelar, tepatnya mulai 27 Agustus 2021.

Menurut dia, kepastian bergulirnya Liga 1 itu menjadi kebahagiaan bagi semua insan sepak bola di Tanah Air. Apalagi, mereka setelah menunggu cukup lama setelah liga disetop pada Maret 2020.

“Ini suatu kebahagiaan buat semua karena kami akhirnya diperbolehkan untuk memulai Liga. Ini yang ditunggu-tunggu, semoga tidak ada perubahan, 27 Agustus resmi Liga dimulai,” ujar Umuh dalam pertemuan bersama tim Persib di Subang, Jawa Barat, Rabu (25/8/2021).

Umuh optimistis dengan kekuatan Maung Bandung musim ini

“Kami bersyukur ada banyak pemain yang bagus, anggap saja ada delapan pemain asing (4 asing dan 4 naturalisasi). Ini luar biasa, klub lain belum tentu, jadi saya bersyukur. Kalau Persib Bandung tidak juara rasanya keterlaluan karena pemain sudah bagus,” tegas Umuh.

Umuh berharap pemain Persib tidak ada yang terpapar COVID-19. Pria berusia 73 tahun ini meminta kepada seluruh pemain dan ofisial tim untuk benar-benar disiplin menjalani protokol kesehatan dengan ketat.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi yang kena COVID dan kondisi saat ini sedikit membaik. Pemerintah juga mengerti karena sepak bola ini adalah hiburan masyarakat,” tegas Umuh.

“Tetapi tetap harus mengikuti aturan dan prokes yang utama, sebelum dan sesudah bertanding di tes antigen, termasuk dalam latihan ada tes antigen agar aman. Itu harus terkontrol karena kalau ada yang kena satu atau dua orang, bisa semua yang dirugikan,” tambah Umuh.

Pada kesempatan itu, Umuh juga berharap agar para pemain Persib tetap enjoy dan berpikir optimistis agar setiap pertandingan bisa menang kemudian juara.

“Semua harus kompak dan berpikir untuk tim, tidak boleh ada kecemburuan, serahkan kepada pelatih, pemain siapapun yang main akan kami dukung,” tegas Umuh.

Sementara itu, pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, mengatakan seluruh pemainnya, termasuk Geoffrey Castillion akan dilihat kondisinya untuk menghadapi BRI Liga 1 2021/2022 yang akan dimulai pada 27 Agustus 2021.

“Tentu stamina adalah hal yang diperhatikan, setelah itu baru tehnik bola karena mereka selama 1,5 tahun tidak bermain. Jadi banyak hal yang perlu diperhatikan seperti stamina, fisik, tehnik, dan juga taktikal, ini paket lengkap,” kata Robert.

Maka itu, sambung Robert, pemain Persib Bandung akan diberi waktu untuk mengembalikan bentuk terbaiknya, juga terhadap Geoffrey Castillion yang baru menjalani karantina.

“Mereka tidak bermain begitu lama jadi kami memberi mereka ruang. Jika pemain di musim yang normal mengalami cedera panjang, contohnya Virgil Van Dijk, dia butuh waktu lama, sekitar satu tahun untuk kembali ke skuat. Situasi serupa juga harus diberikan pada pemain kami, mereka tidak bermain lebih dari satu tahun, maka mereka butuh waktu,” jelas Robert.