Bos Persiba: PSSI dan PT LIB Jangan Sampai Buat Kecewa Investor Asing dan Selebritas di Sepak Bola

Presiden Persiba Balikpapan, Gede Widiade, menyambut positif hadirnya investor asing serta sejumlah selebritas Tanah Air yang mulai terjun di dunia sepak bola Indonesia.

Gede Widiade mengatakan, munculnya investor asing serta selebritas yang membeli klub sepak bola akan meningkatkan iklim persaingan di kompetisi, utamanya Liga 2.

Meski demikian, Gede mengingatkan kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), agar mampu memperbaiki ekosistem persepakbolaan nasional.

Berbagai informasi mengenai Olahraga, Kesehatan, dan Esports bisa didapatkan hanya dalam satu Aplikasi Skor.id.
Selain itu, lelaki kelahiran Surabaya itu menyebut bahwa penerapan regulasi serta kebiasaan di sepak bola Indonesia harus dibenahi.

Menurutnya, investor asing dan selebritas yang telah tertarik terjun mengelola klub di Indonesia bisa kecewa andai hal itu masih belum berubah.

“Jangan sampai selebritas dan investor dari luar negeri yang sudah masuk justru dikecewakan karena aturan dan kebiasaan yang ada di Indonesia,” kata Gede, pada wawancara eksklusif bersama Skor.id.

Mantan Direktur Utama Persija Jakarta itu mengatakan, hadirnya pemilik baru ini menjadi penanda bahwa kompetisi sepak bola di Indonesia memiliki masa depan cerah.

Oleh karena itu, lanjutnya, federasi dan operator kompetisi harus mampu menjaga kesehatan iklim persepakbolaan di Indonesia jika ingin mereka tetap bertahan.

“Namun, apabila ternyata tak bisa disikapi dengan baik oleh federasi, operator, maupun pemerintah Indonesia, kasihan (mereka),” ujar Gede.

“Orang-orang yang ingin membantu perkembangan sepak bola Indonesia malah dibuat kecewa,” ia melanjutkan.

Pemilik mayoritas saham Persiba itu pun sangat senang dengan hadirnya selebritas dan investor asing ini.

Menurutnya, mereka memberikan warna baru dalam daftar kepemilikan klub sepak bola di Indonesia.

Sebab, sebelumnya sudah banyak pengusaha yang mengakuisisi kepemilikan klub, selain juga institusi militer dan kepolisian.

“Hadirnya mereka, baik itu investor asing maupun selebritas, ini sangat menggairahkan dan sangat bagus agar kepemilikan klub di Indonesia lebih heterogen,” ujar Gede.