Pelatih Persela Beri Catatan Khusus untuk Gian Zola

Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan, mengakui kedatangan Gian Zola bakal memberikan warna baru bagi skuadnya. Bahkan, pria asal Medan tersebut tak sungkan menyebutnya sebagai pemain istimewa.

Kehadiran Gian Zola diharapkan menjadi solusi kepergian Brian Ferreira. Pemain berpaspor Irak itu memilih menerima tawaran PSIS Semarang saat sepak mula BRI Liga 1 kurang dari tiga pekan lagi.

Hanya saja, Gian Zola tampaknya harus beradaptasi dengan pola permainan yang hendak diterapkan sang pelatih. di Persela Lamongan. Untuk musim ini, Laskar Joko Tingkir, julukan Persela, bakal mengandalkan skema serangan balik.

“Saya melihat anak ini cukup istimewa ketika kami melakukan possession. Tetapi ada bebeberapa momen yang saya lihat sepertinya perlu ada pendekatan khusus kepada dia yakni masalah bertahan,” ungkapnya, Rabu (18/8/2021).

Sebagai gelandang serang, tugas utamanya di lapangan tentu menghadirkan kreativitas untuk membongkar pertahanan lawan. Namun, dengan strategi yang akan diterapkan, Gian Zola harus bisa melakukan hal yang berkebalikan.

“Karena yang tersulit adalah ketika sudah berada di posisi bertahan. Dia harus meninggalkan posisinya untuk menciptakan kondisi ketika kami menang dalam jumlah orang. Itu sedikit yang dia bermasalah,” jelas pelatih Persela Lamongan itu.

Menyadari kesulitan penggawa anyarnya, pelatih berusia 63 tahun tersebut tak serta merta mengabaikannya. Dia sadar tak mudah bagi Gian Zola beradaptasi cepat dengan taktik yang ingin diterapkannya.

Walaupun ini merupakan periode keduanya di Persela, tak lantas membuatnya mudah beradaptasi. Gian Zola memang pernah bergabung pada putaran kedua musim 2018 dan membantu tim lolos dari jerat degradasi.

Dalam 16 penampilan di Liga 1, pemain asal Bandung tersebut berhasil mengemas lima assist. Penampilan yang mengesankan itu akhirnya membuat Persib menariknya kembali untuk Liga 1 2019.

“Makanya begitu habis latihan, saya panggil dia secara pribadi. Saya bicara taktikal sedikit sama dia. Mudah-mudahan untuk ke depannya dia akan lebih bagus,” tandasnya.