PSSI Berencana Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Pesepak Bola Berprestasi

Timnas U-19

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berencana untuk memberikan beasiswa pendidikan untuk para pesepak bola berprestasi. Rencana itu terungkap dalam kerja sama penandatanganan Memorandum Of Understanding (Mou) dengan tujuh universitas untuk memajukan sepak bola di .

PSSI melakukan kerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan.

Bentuk kerja sama ini adalah pembinaan pemain, pelatih, , pengembangan sport science sepak bola, dan pemanfaatan fasilitas kampus untuk Timnas Indonesia. Selain itu ada juga rencana pemberian beasiswa pendidikan untuk pesepak bola berprestasi.

Namun, Mochamad Iriawan belum bisa menjelaskan secara rinci mengenai rencana tersebut. Iriawan menyebut, hal itu akan dibahas dalam pertemuan lanjutan dengan para rektor-rektor dari tujuh universitas.

“Nantinya kami akan melakukan pertemuan lanjutan terkait pola-pola apa yang akan dilakukan. Ini biasa dilakukan oleh negara-negara dan federasi lain sehingga tidak terlalu sulit,” kata Mochamad Iriawan dalam konferensi pers virtual, Rabu (18/8/2021).

“Nanti begitu sudah satu frekuensi dengan teman-teman rektor tidak akan terlalu masalah. Kami akan lakukan karena tentunya sudah ada Pembantu Rektor (Purek) yang membidangi berkaitan dengan beasiswa ini,” tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Kerja sama antara PSSI dan 7 universitas di Indonesia ini akan berlangsung selama lima tahun. PSSI punya target bisa meraih hasil secepatnya dari kerja sama strategis ini.

Pemberian beasiswa untuk pesepak bola di Indonesia sejatinya bukan hal baru. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pernah memberikan beasiswa pendidikan pada para pemain Timnas Indonesia U-19.

Ketika itu, para pemain mendapatkan beasiswa Sarjana setelah berhasil menjadi juara U-19 2013. Evan Dimas dkk diberi kebebasan dalam memilih jurusan di UNY.

Sebanyak 26 pemain yang mendapatkan beasiswa pendidikan, hanya 10 yang sudah menyelesaikan studinya di UNY pada 2020. Mereka adalah Martinus Novianto Ardhi, , Miftahul Hamdi, Pali, Yanto Basna, Yabes Roni, , , Sepdian , dan . (bola.com)

Berita Terkait