Ogah Nilai Kontrak Turun Jadi Alasan Greg Nwokolo Belum Punya Klub

Greg Nwokolo bikin penasaran publik. Sejak musim lalu ditunda, itu berstatus tanpa klub. Greg meninggalkan Madura karena tidak sepakat gajinya dipotong.

Netizen berspekulasi bahwa Greg Nwokolo mungkin akan pensiun. Sebab, penyerang berusia 35 tahun itu tidak kunjung memiliki klub. Padahal, BRI Liga 1 segera dimulai. Aktivitasnya juga mulai beralih ke sepeda.

Mantan pemain itu mengungkapkan alasannya belum menerima pinangan dari klub. Pasalnya, Greg Nwokolo tidak mau kontraknya dipotong drastis.

“Kalau bermain sepak bola, itu passion saya. Saya mau bermain sepak bola, tapi saya tidak mau value saya turun karena alasan pandemi,” kata Greg Nwokolo di channel YouTube Hamka Story 23.

“Ini waktu yang sulit buat semua. Saya paham. Ini juga sulit buat saya. Kalau saya meninggalkan keluarga saat pandemi dan saya pergi kerja, gaji saya dipotong nyaris 50 persen,” jelasnya.

Ketika Liga 1 2020 vakum, menerbitkan Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/69/XI/2020. SK tersebut berisikan peraturan yang memperbolehkan setiap klub untuk memangkas gaji para pemainnya hingga 75 persen.

Bukan Mata Duitan
Greg Nwokolo menolak dibilang mata duitan. Menurutnya, gaji pesepak bola di Indonesia itu tidak seberapa ketimbang di Eropa.

“Kalau saya Lionel Messi, saya potong gaji. Namun, saya bukan Messi atau Cristiano Ronaldo. Kontrak tidak seberapa. Orang jangan bilang saya mata duitan. Memang kalian yang memberikan keluarga saya makan,” tutur pemain kelahiran Onitsha, Nigeria itu.

Greg Nwokolo mengaku telah dihubungi oleh beberapa klub. Namun, eks striker Indonesia itu masih belum sreg dengan nilai kontraknya.

“Saya berbicara dengan beberapa klub. Namun, tawaran mereka masih jauh dari yang saya mau. Kalau kompetisi dimulai, pemain masih punya resiko yang sama. Malah bertambah, cedera dan COVID-19,” ungkapnya.

“Sedangkan yang memotong gaji ini, mereka bisa tak ke lapangan dan bisa di rumah. Kalau pemain pergi, kami tidak bisa melihat keluarga 1-2 bulan. Mereka tak memikirkan ini,” imbuhnya.

Keluarga Menjadi Pertimbangan
Greg Nwokolo merasa berat untuk meninggalkan keluarganya untuk uang yang tak seberapa. Apalagi saat ini, suami dari itu baru dianugerahi buah hati yang kedua.

“Saya apresiasi apa yang saya punya. Mungkin kalau saya belum menikah, saya mau bermain sepak bola saja. Saya punya istri dan dua anak yang masih kecil. Saya tak mau kehilangan waktu. Kalau saya tinggalkan mereka 1-2 bulan paling tidak saya harus meninggalkan uang,” ucap Greg Nwokolo.

“Jadi logikanya bukan karena saya tidak mau bermain. Saya mau bermain dan saya punya passion. Setiap saya lihat teman-teman bermain, saya kangen sepak bola. Saya nonton semua pertandingan Piala . Cuma saya juga tidak mau memaksakan. Orang bilang karena pandemi ini, you have take it or leave it,” terangnya.

Berita Terkait