Dukung Kelancaran Liga 1, Persebaya Imbau Suporter Tak Gelar Nonton Bareng

Manajer Persebaya Surabaya, Candra Wahyudi, menegaskan komitmennya untuk mendukung kelancaran BRI Liga 1 2021/2022. Candra juga mengimbau agar suporter tidak melakukan kegiatan yang berpotensi melanggar protokol kesehatan semisal nonton bareng.

BRI Liga 1 2021/2022 rencananya akan bergulir mulai 27 Agustus 2021. Kompetisi musim ini digelar secara tertutup atau tanpa kehadiran penonton di stadion karena masih dalam suasana pandemi COVID-19.

Pemerintah juga melarang kegiatan masyarakat berupa nonton bareng BRI Liga untuk mencegah terjadinya kerumunan. Sama seperti Piala Menpora, Persebaya tetap mengimbau agar suporter bisa menikmati pertandingan dengan menonton di rumah saja.

“Sejak Piala Menpora kami sudah melakukan edukasi soal bagaimana menyaksikan sepak bola ini di rumah saja. Memang paling asyik menonton sepak bola itu di stadion, akan tetapi harus paham situasinya belum memungkinkan,” kata Candra Wahyudi.

“Ketika Liga 1 akan berjalan lagi, klub, suporter, dan para stakeholder sepakbola harus menjaga amanat yang sudah diberikan pemerintah, Polri, Satgas COVID-19 tentang bagaimana liga bisa berjalan dengan protokol kesehatan,” tegas Candra Wahyudi.

Persebaya Surabaya saat ini sudah menggelar persiapan jelang tampil di BRI Liga 1 2021/2022. Klub asuhan Aji Santoso itu sedang mematangkan persiapan agar siap tempur dan bersaing gelar musim ini.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono, menyebut pihaknya sudah memetakan sejumlah wilayah yang berpotensi menggelar kegiatan nonton bareng BRI Liga 1 2021/2022. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi kegiatan tersebut terlaksana.

“Satuan-satuan Kepolisian wilayah telah melakukan pemetaan tempat atau daerah mana saja yang biasa digunakan oleh penggemar sepak bola untuk nonton bareng. Kami tinggal mengawasi daerah-daerah yang rawan menggelar nonton bareng,” tegas Rusdi.

“Polri telah melakukan identifikasi. Kerawan-kerawanan yang akan muncul dengan bergulirnya kompetisi sepak bola ini antara lain adalah nonton bareng,” kata Brigjen Pol Rusdi Hartono.