Exco PSSI Tidak Bahas Asisten Pengganti untuk Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Komite Eksekutif (Exco) tidak dalam ranahnya untuk menentukan tiga asisten baru bagi pelatih Indonesia, .

Shin Tae-yong baru ditinggalkan tiga asistennya di Timnas Indonesia yang berasal dari Korea Selatan, yaitu , Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong.

Ketiganya resmi mundur sebagai tangan kanan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Kim Hae-woon adalah pelatih kiper, Kim Woo-jae pelatih teknik, dan Lee Jae-hong pelatih fisik mengajukan pengunduran diri kepada PSSI pada akhir pekan lalu.

Dalam pemberitaan mundurnya ketiga asisten itu, selaku Sekjen PSSI mengatakan bahwa pihaknya telah melapor kepada Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

Yunus Nusi menjelaskan PSSI juga bakal mendiskusikan pengganti tiga asisten pelatih yang mundur itu di tingkat Exco PSSI.

“Sepengatahuan saya, Exco PSSI tidak membahas asisten pelatih. Yang dibahas itu menentukan siapa pelatih kepala,” kata anggota Exco PSSI, ketika dihubungi Bola.com, Rabu (11/8/2021).

“Waktu kami memilih Shin Tae-yong, waktu itu kandidatnya ada dua. Satu lagi . Di situ kami memilih yang mana.”

“Soal nanti Shin Tae-yong membawa siapa-siapa sebagai asistennya, itu sudah wilayah dia. Kalaupun kami berdiskusi, itu lebih tepatnya ke Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri,” jelas Hasani.

Bukan Wewenang Exco PSSI
Hasani memberikan suatu contoh kasus ketika Exco PSSI tidak berhak mengintervensi Shin Tae-yong. Exco PSSI tidak dapat mengganggu pilihan pelatih berusia 52 tahun itu dalam menetapkan pemain untuk Timnas Indonesia.

“Ada satu contoh, Shin Tae-yong diberi kebebasan dalam memilih pemain, kan Exco PSSI tidak ikut campur. Kami berikan dia kebebasan,” tutur Hasani.

“Waktu kami memilih Shin Tae-yong, kami percaya sama dia, termasuk dengan asisten-asistennya. Kalau sampai pengganti asistennya kami urus juga, kan repot,” papar Presiden Komisaris dari dan Entertainment tersebut.

Kabar Kandidat Asisten Shin Tae-yong
Beredar dua nama sebagai kandidat asisten baru Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Keduanya adalah dan .

Rumor Kim Bong-soo dan Dzenan Radoncic bersumber dari akun Instagram @kleague_indonesiafans. Akun tersebut melaporkan bahwa keduanya menjadi calon tangan kanan yang baru bagi Shin Tae-yong.

Akun @kleague_indonesiafans telah mengizinkan Bola.com untuk mengutip unggahannya di Instagram. Khusus Dzenan Radoncic, akun itu menjelaskan mendapatkan informasi ini secara langsung dari yang bersangkutan.

Hasani memastikan, pembahasan calon asisten baru Shin Tae-yong tidak perlu dibawa ke . “Tidak, tapi Exco PSSI akan melihat dan akan mempertanyakan hasil dari pekerjaan itu,” ujar Hasani. (BOLA.COM)

Berita Terkait