PT LIB Paparkan Skenario Perpindahan Stadion di BRI Liga 1 jika Kasus COVID-19 Naik

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno memaparkan skenario perpindahan stadion pada seri pertama BRI Liga 1 musim ini jika sewaktu-waktu kasus COVID-19 naik di wilayah tertentu.

PT LIB akan menggelar BRI Liga 1 pada 27 Agustus 2021 dengan format series. Kompetisi bakal dimulai pada klaster satu di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Sejumlah stadion telah dipersiapkan PT LIB untuk menjadi tuan rumah seri pertama antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Benteng Taruna Kabupaten Tangerang, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, dan Stadion Pakansari Kabupaten Bogor.

PT LIB juga memastikan seri pertama BRI Liga 1 hanya akan dimainkan di stadion yang wilayahnya rendah kasus COVID-19.

“Jadi misalnya, kalau ada perkembangan peningkatan kasus COVID-19 di satu tempat kami akan memindahkan laga ke tempat lain yang lebih aman, tapi masih dalam satu klaster,” kata Sudjarno dinuki dari Antara.

“Misalnya nanti di klaster pertama, stadion mana yang bisa dipakai, itu yang akan digunakan. Apakah contohnya di Stadion Patriot, Stadion Pakansari, SUGBK, atau Stadion Benteng Taruna,” jelas Sudjarno.

Setelah seri pertama di klaster pertama, seri kedua BRI Liga 1 akan digelar di klaster kedua meliputi Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta.

Seri ketiga dan keempat bakal berlangsung di klaster ketiga yaitu Jawa Timur, sedangkan seri keempat akan kembali ke Jawa Tengah dan DIY. Sementara Banten, DKI, dan Jawa Barat menjadi tuan rumah seri kelima BRI Liga 1.

BRI Liga 1 rencananya akan bergulir selama tujuh bulan hingga Maret 2021. Kompetisi juga bakal rehat ketika Timnas Indonesia bertanding. (bola.cm)