Jadwal Baru Liga 1 Dirilis Seminggu Sebelum ‘Kick-Off’

Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana mengeluarkan rilis jadwal terbaru Liga 1 2021/22 satu pekan menjelang kick-off. Hal itu diungkapkan sekretaris umum Persiraja Banda Aceh Rahmat Djailani.

PT LIB harus menyusun ulang jadwal pertandingan setelah kick-off yang semula diagendakan dimulai pada 9 Juli mengalami penundaan akibat meroketnya kasus pandemi COVID-19 di Indonesia. PSSI akhirnya memutuskan Liga 1 mulai digulirkan pada 20 Agustus.

Kendati menyusun ulang jadwal pertandingan, PT LIB memastikan tidak ada perubahan format, dan kompetisi kasta tertinggai di Tanah Air ini bakal digelar bubble to bubble dengan sistem enam seri dan tiga klaster.

Tempat yang dipilih untuk menggelar pertandingan Liga 1 berada di zona hijau atau zona aman. PT LIB juga bakal melihat grafik penurunan angka kasus penyebaran virus corona untuk menentukan lokasinya. Rencananya, seri pertama dilaksanakan di klaster Jakarta dan Jawa Barat.

Kedua provinsi tersebut mengalami penurunan kasus virus corona semenjak pemerintah pusat menerapkan Pembelakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga Level 4. Situasi ini membuat manajemen Persiraja tidak ingin terburu-buru mengirimkan tim ke Pulau Jawa.

Rahmat mengatakan, skuad Persijara akan bertolak ke Pulau Jawa bila sudah mendapatkan jadwal terbaru dari PT LIB. Sebab, mereka harus mempersiapkan semua keperluan bagi tim selama berada di Pulau Jawa.

“Kami belum menjadwalkan keberangkatan ke Pulau Jawa, walau kompetisi Liga 1 dimulai 20 Agustus mendatang. Jadwal pertandingan kompetisinya belum ada. Jadwalnya baru dikirim ke masing-masing klub tujuh hari sebelum kompetisi dimulai,” jelas Rahmat dikutip laman kantor berita Antara.

“Menyangkut di kota mana menjadi markas Persiraja di Pulau Jawa, kami juga belum bisa menentukan. Kami masih menunggu jadwal kompetisi dari PSSI maupun PT LIB.”

Sementara itu, latihan perdana Persiraja yang sudah dimulai sejak kemarin baru di Stadion H Dimurthala diikuti 19 pemain. Saat ini tim Lantak Laju sudah mengontrak 25 pemain untuk musim 2021/22.

“Para pemain sudah bergabung dan tim pelatih juga sudah menyusun agenda latihan sebelum berangkat ke Pulau Jawa. Semua pemain akan dibawa,” kata Rahmat.