Satu Pekerjaan Rumah Persela Lamongan Tuntas

Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan dipaksa memutar otak untuk mempersiapkan tim jelang Liga 1 2021/22. PSSI telah memastikan awal kompetisi musim ini bakal dimulai tepat tanggal 20 Agustus.

Dengan waktu kurang dari tiga minggu, pelatih asal Medan tersebut dituntut menyelesaikan dua pekerjaan rumah besar. Kondisi fisik dan pemahaman taktikal pemain merupakan tugas yang harus dituntaskan sebelum sepak mula kompetisi.

Namun, tugas pertama sepertinya bukan masalah besar bagi mantan pelatih Persebaya Surabaya tersebut. Hal ini terlihat dalam beberapa kali latihan yang dimulai sejak awal pekan ini.

“Ternyata tim kami bisa menjalankan latihan dengan intensitas cukup tinggi sampai sesi terakhir. Jadi artinya masalah conditioning tak terlalu drop jauh,” jelas Iwan.

Tetapi untuk pemahaman taktikal, Iwan merasa masih banyak yang perlu ditingkatkan. Sebulan tanpa latihan rutin membuat beberapa pemain Persela Lamongan terlihat kagok menjalankan instruksi darinya.

“Cuma memang ada beberapa yang saya coba perbaiki. Seperti masalah grup taktikal, bagaimana proses dari satu lawan satu sehingga kita bisa menang dalam jumlah orang,” lanjutnya.

Selain dua hal di atas, pelatih berusia 63 tahun tersebut tak merasa Persela Lamongan punya hal lain yang harus dirisaukan. Hal itu termasuk sistem kompetisi yang meniadakan pertandingan home & away dan menggantinya dengan format series.

Nantinya, akan ada enam series yang terbagi rata di tiga wilayah di Pulau Jawa. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi juga memastikan series pertama bakal tetap dihelat di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

“Saya kira itu tidak terlalu kami pusingkan. Walaupun tidak seperti kompetisi sebelumnya, tetapi semua tim juga melakoni yang sama. Semua klub tidak bermain di kandang, Jadi Insha Allah enggak akan ada masalah,” tegas Iwan.

Namun, ketiga provinsi tersebut kini masih berada dalam zona merah Covid-19. Padahal dalam rilis yang dikeluarkan PSSI, mereka menegaskan bahwa kompetisi akan dihelat di wilayah yang telah berada di zona hijau. (bola.com)