6 Pemain Asing Liga 1 Asal Belanda sejak 2017 hingga 2020, Salah Satunya Jadi WNI

Kompetisi sepak bola sering diramaikan oleh kehadiran pemain asing, termasuk pemain asal Belanda.

Dalam empat musim terakhir, ada beberapa pemain asal Belanda yang merumput di Liga 1. Mereka datang dan menjadi wajah-wajah baru yang mewarnai kompetisi.

Rata-rata pemain asal Belanda itu cukup setia dengan tim yang dibelanya. Maka tak heran, jika ada yang hanya pernah bermain untuk satu tim di Indonesia.

Berikut ini Skor.id menyajikan enam pemain asing asal Belanda yang merumput di Liga 1, sejak 2017 hingga 2020:

1.

Striker berusia 30 tahun kelahiran Amsterdam ini pertama kali datang ke Indonesia pada musim 2020, untuk bergabung dengan .

Tampil tiga kali di Liga 1 2020, Geoffrey Castillion sukses membukukan dua gol dan satu assist dan membantu tim berjulukan Pangeran Biru memuncaki klasemen sementara.

Namun kompetisi kemudian dihentikan hingga akhirnya dibatalkan. Ia kemudian dipinjamkan ke klub Italia, Como 1907 dan bakal kembali memperkuat Persib di musim ini.

2.

Gelandang kelahiran Amsterdam ini mulai merumput di pada 2017. Klub pertamanya di Indonesia yaitu Makassar.

Marc Klok datang ke Indonesia tanpa mengetahui atmosfer kompetisi sepak bola di Indonesia, bahkan di Asia, namun malah nyaman.

Pemain berusia 28 tahun itu sudah empat musim bertahan di Indonesia. Bahkan, ia memutuskan beralih kewarganegaraan jadi Warga Negara Indonesia (WNI), akhir 2020.

Klok dapat dikatakan cukup sukses menjalani kariernya di Indonesia. Ia tercatat pernah mengantarkan PSM memenangi Piala Indonesia 2018.

Terbaru, sebelum pindah ke Persib Bandung, Klok berhasil membantu Jakarta menjuarai turnamen pramusim Piala 2021.

3. Wiljan Pluim

Wiljan Pluim dapat dikatakan sebagai senior Marc Klok. Ia pertama kali datang ke Indonesia pada 2016 dan bergabung dengan PSM Makassar.

Sejak saat itu, gelandang berpostur 194 cm ini tak pernah lagi berpindah klub. Hingga saat ini, ia telah mencatatkan 99 laga untuk PSM di semua kompetisi.

Tak hanya menjadi pilihan utama, Pluim telah menjadi kapten tim berjulukan Juku Eja. Meski pemain tengah, ia aktif membantu serangan dengan membukukan 25 gol dan 33 assist.

Loyalitas pemain kelahiran Zwolle, 4 Januari 1989, itu tak perlu diragukan. Kala Liga 1 terhenti akibat pandemi Covid-19, ia tetap setia untuk PSM.

4. Sylvano Comvaluis

Pemain asal Amsterdam ini merasakan atmosfer kompetisi sepak bola Indonesia pada 2017 setelah meneken kontrak dengan Bali United.

Walau tidak cukup lama merumput di Indonesia, jumlah penampilannya di Liga 1 merupakan yang terbanyak di sepanjang kariernya sebagai pesepak bola.

Menurut catatan Transfermarkt, Comvalius telah tampil sebanyak 63 kali di Liga 1 untuk tiga tim berbeda, Bali United, , dan Persipura.

Striker yang kini merumput di kasta ketiga Liga Belanda itu menorehkan 42 gol dan 18 assist selama berseragam klub asal Indonesia.

5.

Sejak datang ke Indonesia pada pertengahan musim 2018, Bali United merupakan satu-satunya klub Liga 1 yang pernah dibela Melvin Platje.

Pemain kelahiran Naarden ini telah bermain sebanyak 43 kali untuk tim berjulukan Serdadu Tridatu itu di Liga 1 dan menyumbangkan 22 gol serta 9 assist.

Ketika Liga 1 vakum akibat pandemi Covid-19, ia sempat dipinjamkan ke klub asal Belanda, De Graafschap, selama empat bulan.

Kini, Platje sudah kembali ke Indonesia dan tengah mempersiapkan diri bersama Bali United menyambut Liga 1 2021-2022.

6. Nick van der Velden

Bali United pernah memiliki pemain asing asal Belanda lainnya yaitu Nick van der Velden. Ia merumput di Indonesia selama dua musim, April 2017-Januari 2019.

Penyerang asal Amsterdam itu mencatatkan 51 penampilan untuk Serdadu Tridatu di Liga 1 atau bermain selama 3.580 menit.

Pemain yang telah gantung sepatu ini kini diketahui menjadi pelatih tim muda AZ Alkmaar, di negara asalnya. (skor.id)

Berita Terkait