Kasus Covid Di Singapura Naik, Undian Piala AFF 2020 Ditunda

Federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF), memutuskan menunda pengundian grup Piala AFF 2020. Keputusan tersebut diambil karena kembali melonjaknya angka kasus virus corona di Singapura.

Semula pengundian grup Piala AFF dilaksanakan di Singapura, 10 Agustus 2021. Namun, setelah ditunda AFF belum menetapkan tanggal baru untuk pengocokan ajang tersebut.

Saat ini Singapura kembali ke Fase 2 atau peringatan tinggi untuk virus corona. Keadaan itu membuat sejumlah agenda penting di negara tersebut terpaksa ditunda akibat pembatasan yang ditingkatkan.

“Singapura sudah melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk mengelola pandemi yang sedang berlangsung. Kami memahami pembatasan untuk menjaga keamanan komunitas Singapura dan ini sangat penting,” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth di laman AFF.

‚ÄúSejalan dengan hal itu, kami telah membuat keputusan yang dipertimbangkan untuk menunda pengundian resmi. Kami yakin bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh Singapura, akan memungkinkan kami untuk menggelar undian dengan lebih banyak pemangku kepentingan ke depannya,” Khiev melanjutkan.

Adapun Piala AFF 2020, rencananya dilangsungkan pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Kemungkinan besar ajang sepakbola paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara tersebut menggunakan format home tournament.

AFF telah membagi lima pot untuk sepuluh negara yang berpartisipasi di Piala AFF 2020. Pot pertama dihuni Thailand dan Vietnam, kemudian pada pot kedua diisi Indonesia bersama Malaysia.

Selanjutnya pot ketiga, ditempati Filipina dan Myanmar, lalu pot keempat ada Singapura serta Kamboja. Terakhir di pot lima dihuni Laos, Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Piala AFF 2020, terpaksa baru dilangsungkan akhir tahun ini. Penyebabnya, karena pandemi virus corona yang melanda sebagian besar negara yang ada di dunia tahun lalu pada tahun lalu. (goal.com)