Alasan Klub Tetap Setuju Kompetisi Liga 1 Dimulai 20 Agustus

Kompetisi Liga 1 2021/22 akan digelar pada 20 Agustus mendatang, meski sempat ada beberapa klub yang menyatakan keberatan untuk dimulai pada waktu tersebut, karena mereka sedang meliburkan tim.

Sebagian tim memang meliburkan latihan bersama karena mereka menghormati kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). sehingga 20 Agustus dianggap terlalu mepet untuk dimulainya Liga 1.

Namun, setelah melalui rapat virtual antara perwakilan klub Liga 1 dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), disebutkan bahwa semua klub akhirnya menerima keputusan dari PSSI dan LIB, untuk menggulirkan kompetisi 20 Agustus nanti.

Akhmad Hadian Lukita sebagai direktur utama LIB membeberkan alasan klub akhirnya mau menerima keputusan mereka, dan LIB menegaskan sikap mereka untuk siap melaksanakan kompetisi dengan protokol kesehatan ketat.

“Dari hasil virtual meeting Liga 1 pada Rabu, 4 Agustus 2021, semua klub Liga 1 menyatakan siap untuk memulai kompetisi pada 20 Agustus,” buka Lukita dalam rilis resmi LIB kepada awak media.

“Sebagian besar klub juga mengakui bahwa situasinya saat ini kurang ideal, namun opsi menjalankan kompetisi pada 20 Agustus dinilai akan lebih baik, daripada menunggu sampai batas waktu yang belum ditentukan,” imbuhnya.

“Sebagai operator, kami akan mempersiapkan semuanya dengan lebih baik, detail, serta siap menerima arahan pemerintah mengenai protokol kesehatan yang sesuai,” tutup sosok yang akrab dipanggil Luluk tersebut.

Bali United melalui Michael Gerald mengatakan, bahwa timnya saat ini mementingkan kepastian kompetisi dan sudah siap jika harus dilaksanakan 20 Agustus. “Tim Bali United sudah siap untuk berkompetisi. Semoga tidak mundur lagi,” kata sosok yang menjabat manajer itu.

Sama seperti Bali United, Arema FC juga senang hati menerima putusan LIB. “Kami mengapresiasi kerja LIB dan PSSI. Tanggal 20 Agustus, Insyaallah Arema FC siap untuk bertanding,” ungkap manajer umum Arema, Ruddy Widodo.

“Terima kasih kepada semua klub Liga 1. Kami berkomitmen untuk melaksanakan apa yang menjadi tanggung jawab LIB dan PSSI. Kami telah bekerja keras, bahu-membahu, dan berkomunikasi dengan pemerintah agar kompetisi bisa bergulir. Mari menyongsong kompetisi yang kami tunggu dan mudah-mudahan semuanya bisa lancar. Selamat bertanding,” ucap Mochamad Iriawan, ketua umum PSSI. (goal.com)