Format Liga 1 2021-2022 Tak Berubah, Jadwal Dirilis Jelang Akhir Pekan Depan

PT LIB akan merilis jadwal pekan pertama Liga 1 2021-2022 pada 13 Agustus tahun ini atau sepekan sebelum kick-off.

Hal itu diungkapkan PT LIB dalam konferensi pers terkait manager meeting klub Liga 1 2021-2022 yang berlangsung secara virtual pada Rabu (4/8/2021) malam.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan alasan perilisan jadwal cukup dekat dengan kick-off.

Sebab, operator dua kasta teratas Liga Indonesia ini harus memantau situasi dinamis di tengah pandemi Covid-19.

“Kami melihat dinamika perkembangan ke depan. Oleh karena itu, jadwal akan kami rilis satu pekan sebelum kick-off atau 13 Agustus 2021,” kata Akhmad Hadian Lukita.

Tak hanya itu, PT LIB juga memastikan bahwa hingga saat ini format penyelenggaraan Liga 1 2021-2022 belum mengalami perubahan.

Kompetisi tetap akan digelar dengan sistem enam series dan tiga klaster. Bahkan, series pertama juga akan digelar di DKI Jakarta dan sebagian Jawa Barat.

“Format kompetisi ini kami masih menggunakan sistem series. Kami masih pakai seri 1-6 dan tiga klaster yang dibuat sesuai rencana awal,” kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno.

“Kemudian, setiap seri itu akan ada jeda. Kami akan mulai dari Jakarta dan sebagian Jawa Barat,” ujarnya menambahkan.

Sudjarno menjelaskan, zona hijau atau zona aman yang akan dipilih untuk menggelar pertandingan Liga 1 dilihat berdasarkan grafik penurunan kasus penularan Covid-19.

Oleh sebab itu, PT LIB masih tetap pada rencana awalnya untuk memulai kompetisi Liga 1 2021-2022 di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Seperti diketahui, selama kebijakan PPKM, DKI Jakarta dan Jawa Barat telah berhasil menekan laju penularan Covid-19 di wilayahnya.

“Kami juga sangat memahami bahwa pandemi ini masih ada. Tetapi ketika kelandaian kasus sudah ada, itu menjadi pertimbangan,” kata Sudjarno. (skor.id)