Persib Berharap Segera Mendapat Izin Menggelar Latihan Tim

Pelatih Bandung, Robert , belum mau berkomentar banyak soal kemungkinan 2021 bisa digelar atau tidak.

Pelatih asal Belanda itu mengatakan, sebelum berbicara mengenai kelanjutan kompetisi, ada baiknya untuk terlebih dahulu membicarakan nasib Persib yang belum bisa menggelar sesi latihan tim lantaran kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Sejak kebijakan PPKM Darurat diterapkan pada 3 Juli, Persib harus menghentikan aktivitas latihan tim.

Kondisi PPKM Darurat tidak mengizinkan Maung Bandung menggunakan fasilitas olahraga publik, seperti stadion, untuk menggelar sesi latihan tim.

“Tidak bisa berbicara soal kompetisi jika kami yang merupakan klub profesional tidak diperbolehkan untuk berlatih di stadion,” kata Alberts kepada wartawan, Jumat (30/7/2021).

Dalam pandangan Alberts, seharusnya kebijakan PPKM tak berdampak pada Persib untuk tetap bisa menggelar sesi latihan tim.

Pasalnya, sesi latihan tim Persib digelar tertutup tanpa boleh disaksikan penonton.

Bahkan, akses media yang biasa meliput aktivitas tim Persib di lapangan pun dibatasi. Tujuannya adalah agar pemain dan seluruh elemen tim Persib tidak terpapar atau menyebarkan Covid-19.

“Saya selalu mengatakan bahwa PPKM ini tidak punya kaitannya dengan olahraga profesional. Ini selalu menjadi jawaban utama saya karena para petugas profesional tahu bagaimana mencegah dirinya dari terpapar Covid,” ucap Alberts.

“Kami pun saat ini hidup secara disiplin dengan sejumlah prokes. Namun, di sini penerapannya terlihat masih campur aduk dan karenanya liga tidak juga dimulai,” sambung dia.

Kebijakan PPKM sejauh ini akan berlangsung hingga 2 Agustus 2021.

Setelahnya, pemerintah akan mengevaluasi untuk melakukan perpanjangan atau mulai menerapkan relaksasi.

Seandainya tidak diperpanjang, besar kemungkinan kompetisi bisa digelar pada 20 Agustus atau awal September.

Akan tetapi, bila PPKM kembali diperpanjang, kemungkinan besar kompetisi belum bisa bergulir hingga akhir tahun.

Namun, bukan tidak mungkin Liga 1 dan bisa digelar sesuai rencana.

Syaratnya, pemerintah memberikan lampu hijau untuk digelarnya kompetisi meski masih dalam masa PPKM.

Alberts tidak mau terlalu ambil pusing soal nasib kompetisi. Dikatakan mantan pelatih Makassar itu, yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya Persib bisa kembali menggelar sesi latihan tim.

“Jika PPKM diperpanjang dan liga akhirnya tidak bisa digulirkan, kami tetap perlu menantikan kapan diperbolehkan untuk berlatih setelah itu baru kita bisa melihat kemungkinan kapan bisa mengikuti liga,” tegas Alberts. (Kompas)

Berita Terkait