Kembali TC Di Batu, Jacksen F Tiago Pantau Psikologi Pemain Persipura Jayapura

Pelatih Jayapura Jacksen F Tiago memantau psikologi anak asuhnya setelah mereka kembali menjalani pemusatan latihan (TC) di Batu, Jawa Timur, sebagai persiapan menghadapi /22.

Penggawa Persipura sebelumnya sempat diberikan libur latihan untuk berkumpul dengan keluarga yang berada di Jayapura. Kesempatan libur ini diberikan agar psikologi pemain kembali segar saat mereka menjalani latihan bersama.

Meski musim ini belum ada kepastian, dan ada penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 2 Agustus di Pulau Jawa dan Bali, Jacksen kemarin tetap memboyong anak asuhnya ke Batu untuk melakukan TC. Keputusan itu tentunya mendatangkan konsekuensi tersendiri.

Jacksen mengakui situasi itu bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi pemain, karena pergerakan mereka di luar lapangan sangat terbatas. Pemain hanya bisa berada di tempat penginapan di kawasan Kusuma Agrowisata, Batu, sehingga mereka tidak banyak mendapatkan hiburan.

Kendati demikian, Jacksen mengaku telah menyiapkan sejumlah kiat untuk mencegah pemain dihinggapi rasa bosan. Jacksen tidak mengingikan mental pemain menurun menjelang kompetisi digulirkan.

“[Ini] Tugas berat. Apalagi dengan keterbatasan [akibat] pandemi untuk mencari hiburan di luar. Tapi, semua pelatih pasti ada kiat-kiat untuk mengatasi masalah tersebut,” terang Jacksen dilansir laman resmi PT Baru ().

Di lain sisi, Jacksen tidak terlalu khawatir dengan kebugaran pemain. Meski sempat diliburkan, kondisi skuad Mutiara Hitam dalam keadaan bagus, dan mereka menjalani latihan tanpa ada masalah.

“Kami cuma libur 13 hari, jadi keadaan fisik pemain masih dalam tahap normal. Kami tetap melakukan persiapan sesuai program yang ada dari (rencana kick-off kompetisi). Tetap jalan normal, latihan 1 kali sehari, bisa di lapangan dan di pusat kebugaran,” beber Jacksen.

Sampai saat ini PSSI maupun belum memberikan kepastian kick-off kompetisi, karena menunggu perkembangan dari penerapan kebijakan PPKM Level 4 yang dikeluarkan pemerintah. Namun PT LIB tetap pada wacana memulai Liga 1 pada 20 Agustus.

Berita Terkait