Ryuji Utomo Tak Berdaya, Penang FC Dibekap Selangor

Bek tengah asal gagal membantu meraih hasil positif di kandang setelah dipaksa menelan kekalahan 4-1 dari Selangor FC di Stadion Bandaraya, Sabtu (31/7) malam WIB, dalam lanjutan (MSL) 2021.

Hasil ini tentunya mengecewakan bagi Penang, mengingat di laga sebelumnya mereka berhasil meraih kemenangan atas tuan rumah UiTM. Hasil itu juga membuat Penang gagal mengambil alih peringkat tiga klasemen sementara dari . Penang tetap berada di peringkat empat dengan nilai 25.

Pertandingan antara Penang dan Selangor berlangsung ketat. Kedua tim menerapkan permainan terbuka sejak peluit kick-off ditiupkan untuk memburu gol cepat demi memudahkan jalannya laga masing-masing tim.

Selangor berhasil membuka keunggulan terlebih dulu melalui eksekusi penalti Ifedayo Olusegun. Hadiah penalti diberikan wasit menyusul pelanggaran Rafael Vitor kepada Sean Eugene Selvaraj, meski pemain Selangor bernomor punggung 7 ini sedang dikawal Ryuji.

Penang memberikan respons terhadap keunggulan Selangor itu. Peluang diperoleh Penang pada menit ke-24 ketika umpan Casagrande dilanjutkan Endrick dos Santos dengan tendangan keras dari luar kotak penalti, tapi berhasil ditepis kiper Khairulazhan Khalid.

Di lain sisi, Selangor mendapatkan peluang untuk menggandakan keunggulan selang lima menit kemudian. Namun tendangan Danial Asri dari jarak dekat melayang di atas gawang Penang.

Lima menit menjelang babak pertama berakhir, Penang berhasil menyamakan kedudukan lewat tandukan David Rowley setelah menyambut sepak pojok Endrick, sehingga paruh pertama ditutup dengan skor 1-1.

Pertahanan Penang dikejutkan dengan serangan balik Selangor di awal babak kedua, sehingga kembali mengungguli tuan rumah di menit ke-49. Idefayo melepaskan umpan terobosan sebelum dirinya didekati Ryuji. Danial Asri lalu menuntaskan umpan Idefayo ini untuk menjebol gawang Samuel Somerville.

Pada menit ke-57, Ryuji lengah dalam melakukan pengawalan terhadap Sean Eugene Selvaraj, karena perhatiannya tersita kepada umpan lambung kepada Idefayo. Akibatnya, Selvaraj yang berlari membelakangi Ryuji berhasil mencetak gol setelah menyambut umpan dada Idefayo.

Penang mendapatkan peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan setelah wasit memberikan hadiah penalti. Namun eksekusi Endrick pada menit ke-64 melayang di atas mistar gawang.

Sepuluh menit berselang, Penang kembali memperoleh peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan lewat tendangan penalti. Sayangnya, kali ini tendangan Rafael dapat ditangkap Khairulazhan.

Selepas kegagalan dua penalti itu, pemain belakang Penang, termasuk Ryuji, lebih sering naik membantu serangan. Tapi Selangor menutup laga dengan skor 4-1 lewat tendangan spekulasi Idefayo dari jarak 30 meter di injury time. (goal.com)

Berita Terkait