Timnas Wanita Indonesia Batal Hadapi Korea Utara

Calon lawan wanita Indonesia di 2022 berkurang setelah Korea Utara memutuskan mundur dari keikutsertaan mereka. Konfederasi sepakbola Asia () tidak menjelaskan alasan Korut mengundurkan diri di ajang ini.

Berdasarkan hasil drawing pada 24 Juni lalu, Korut masuk ke dalam Grup C bersama Indonesia, Irak, dan Singapura. menjadikan Korut sebagai lawan terberat mereka di grup ini.

Dalam keterangannya, AFC menyebutkan, selain timnas wanita, Korut juga tidak ambil bagian di 2022. Keputusan ini memaksa AFC akan mengundi ulang Grup G, J, dan K pada 11 Agustus secara virtual.

“Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menerima pengunduran diri asosiasi sepakbola Korea Utara dari kualifikasi Uzbekistan 2022, dan India 2022,” demikian pernyataan AFC melalui laman resmi mereka.

“Hasil undian Piala Asia Wanita pada 24 Juni tidak berubah. Grup C sekarang terdiri dari tiga tim, Indonesia, Irak dan Singapura setelah pengunduran diri Korut.”

Laga kualifikasi di Grup C awalnya akan digelar di Indonesia pada 13 hingga 25 September 2021. Namun AFC membatalkan keputusan mereka, mengingat pandemi virus Corona di tanah air sangat tinggi.

Ini merupakan kedua kalinya Korut memutuskan mundur dari kompetisi di Asia. Di babak kedua kualifikasi 2022 yang sekaligus menjadi ajang , mereka juga mengundurkan diri dengan alasan pandemi COVID-19.

Pandemi virus mematikan itu memang telah mengubah sejumlah agenda turnamen di kawasan Asia. Belum lama ini, AFC membatalkan putaran final 2022 di Indonesia, serta Piala Asia Wanita U-20 2022 di Uzbekistan.

Kendati demikian, AFC tidak menghilangkan hak Indonesia dan Uzbekistan sebagai tuan rumah turnamen sepakbola wanita junior dua tahunan itu. Indonesia dan Uzbekistan tetap ditunjuk menjadi tuan rumah untuk edisi 2024. (goal.com)

Berita Terkait