Legiun Asing asal Belanda Mulai Pesimis soal Kelanjutan Liga 1

Pelatih Persib Bandung, Rene Robert Alberts tak berhenti mengkritisi masa depan kompetisi di Indonesia selama pandemi Covid-19.

Sosok asal Belanda itu tak yakin dengan kemampuan PT Liga Indonesia Baru sebagai operator dalam menggelar liga mulai 20 Agustus mendatang.

“Kami sudah tidak percaya apa-apa lagi sekarang, kami punya hak untuk tidak percaya lagi terhadap janji-janji,” ujar Robert dikutip dari Tribun Jabar (27/7/2021).

“Jika liga akan dimulai pada 20 Agustus, saya tidak yakin akan itu,” tambahnya.

Pada awalnya PT LIB menetapkan tanggal 9 Juli untuk membuka LIga 1 musim 2021/22. Namun karena pemerintah memberlakukan PPKM, maka Liga 1 kembali harus tertunda.

Tak hanya Robert Alberts, pemain asal Belanda Melvin Platje yang bermain di Bali United juga meragukan rencana PT LIB menggelar Liga 1 musim ini.

Ia bahkan sempat menjalani masa peminjaman di klub Belanda De Graafschaap karena Bali United tak menjalani kompetisi pada musim lalu.

“Mereka (PSSI dan PT LIB) selalu berbicara, berbicara, dan berbicara mereka akan mulai tapi itu tidak terjadi,” keluh Melvin dikutip dari Tribun Bali (27/7/2021).

“Jadi tidak mudah untuk percaya,” tandasnya.

PT LIB berencana menggelar Liga 1 pada 20 Agustus mendatang, atau satu bulan setelah PPKM usai. Saat ini operator kompetisi tersebut sedang menyusun jadwal dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait.

Semula, Liga 1 dimulai pada 9 Juli 2021. Akan tetapi, PSSI dan PT LIB terpaksa menundanya karena kembali meroketnya penyebaran virus corona di Tanah Air.