Gelandang Jepang Persipura Ingin Tinggalkan Indonesia Kalau Liga 1 Tak Kunjung Bergulir

Salah satu legiun asing , , mengungkapkan jika dirinya akan meninggalkan kalau saja kompetisi 2021 tak kunjung bergulir karena pandemi Covid-19.

Taki, sapaan akrab Takuya Matsunaga, menyatakan keinginannya untuk pulang ke negara asal istrinya di benua Eropa, Estonia, kalau kompetisi sepak sulit untuk digelar lagi.

“Saat ini saya masih di Batu, Malang, dan tetap latihan di sini. Kalau kompetisi liga 1 tunda lagi mungkin saya akan balik ke Estonia,” kata Taki kepada awak media olahraga INDOSPORT, Sabtu (24/7/21).

Gelandang asal Jepang itu kecewa karena kompetisi Liga 1 harus ditunda lagi setelah menunggu setahun lamanya. Apalagi, timnya juga sudah melakukan persiapan sejak awal tahun 2021.

“Saya pikir latihan akan mulai 21 Juli. Tapi mungkin ditunda. Sedih sekali, tidak jelas semua hal tentang Liga ini. Semua tim dan semua pemain sudah susah, tapi tetap masih punya motivasi. Harus ada yang atur kompetisi di Indonesia dengan baik-baik. Tapi sampai sekarang belum ada,” ungkap Taki.

Taki berharap kompetisi Liga 1 2021 bisa segera digulirkan kembali, mengingat sejumlah tim sudah melakukan persiapan dan telah mengontrak pemain baru.

“Saya kurang tahu kapan pastinya akan digelar, tapi menurut saya sudah ditunda 6 kali dari tahun kemarin. Sebagai pemain saya hanya bisa berharap semoga kompetisi bisa bergulir secepatnya,” tuturnya.

Pelatih tim berjuluk Mutiara Hitam, Jacksen Tiago bersama manajemen masih menimbang rencana untuk melanjutkan latihan tim Persipura di Kota Jayapura.

Jacksen terus berkoordinasi dengan manajemen Persipura dengan mempertimbangkan pada kondisi dan situasi pandemik Covid-19 yang kian masif. Apalagi di sejumlah wilayah, termasuk Kota Jayapura yang juga tengah memberlakukan PPKM ataupun pembatasan aktivitas.

“Kami akan melihat keadaan dan situasi PPKM dulu. Saat ini, sulit bagi kami untuk memastikan langkah ke depannya,” kata Jacksen.

Kecuali Takuya Matsunaga dan Jacksen, saat ini sebagian besar skuat Persipura termasuk dua legiun asing, dan Yevhen Bokhashvili tengah berada di Kota Jayapura. Mereka diliburkan karena menyusul dibatalkannya Zona ASEAN dan ditundanya kompetisi Liga 1 2021.

Berita Terkait