Pemain Kedah Darul Aman Positif COVID-19, Ryuji Utomo Batal Tanding

Bek asal terpaksa menunda keinginannya kembali merumput bersama setelah pertandingan melawan (KDA), Sabtu (24/7) malam WIB, di Stadion Darul Aman mengalami perubahan jadwal.

Penundaan itu disebabkan dua pemain KDA dinyatakan positif terpapar COVID-19 setelah menjalani tes polymerase chain reaction (PCR) ketika mereka kembali ke kamp usai menjalani libur hari raya Idul Adha di kampung halaman.

Padahal, (MSL) mau digulirkan kembali mulai hari ini setelah mengalami jeda selama dua bulan. Namun tidak seluruh pertandingan MSL mengalami penundaan.

Pengelola kompetisi MSL, (MFL), hanya menunda pertandingan antara KDA dan Penang. CEO MFL Dato’ Ab Ghani Hassan keputusan penundaan laga selepas mendapat nasihat dari Departemen Kesehatan Negara Bagian Kedah setelah kasus itu terdeteksi.

“MFL mendapat informasi dari manajemen Kedah bahwa dua pemain dinyatakan positif COVID-19 melalui tes PCR yang dilakukan pada para pemain ketika mereka ingin mendaftar ulang ke kamp latihan setelah libur hari raya,” jelas Dato’ Ab Ghani dilansir laman resmi MFL.

“Tes ini merupakan bagian dari prosedur standar operasi (SOP) yang ditetapkan MFL kepada semua tim agar pemain memulai kamp pemusatan latihan untuk menjaga [penyelenggaraan kompetisi] secara terpusat.”

“Karena itu, pertandingan Kedah melawan Penang harus ditunda agar Dinas Kesehatan Kedah bisa mengecek status semua pemain dan ofisial Kedah terlebih dulu.”

“Kedua pemain dinyatakan positif COVID-19 ketika mereka tidak bersama tim, dan tidak dalam kamp. Manajemen Kedah mematuhi SOP yang telah ditetapkan dengan melakukan tes terhadap pemain untuk mendeteksi kasus lebih awal.”

Keputusan ini tentunya menyesakkan bagi Ryuji. Sebab, ia berpeluang dimainkan kembali setelah absen memperkuat Penang sejak pertengahan April akibat mendapatkan cedera hamstring. Terakhir kali Ryuji bermain bersama KDA saat ditahan imbang Petaling Jaya (PJ) City 1-1 pada 18 April.

Duel antara KDA dan Penang merupakan big match pada akhir pekan ini. KDA untuk sementara berada di peringkat tiga klasemen dengan koleksi nilai 26, unggul empat angka dari Penang yang berada satu tangga di bawahnya.

Berita Terkait