Liga 1 Belum Bergulir, Piala Menpora Dianggap Turnamen Sia-Sia

Pelatih Persib Bandung menilai pelaksanaan tidak menghasilkan apapun dalam hal pemberian izin 2021/22 dari pemerintah maupun kepolisian.

Piala Menpora digelar pada 21 Maret hingga 25 April dengan tujuan untuk membuktikan pelaksanaan kompetisi tetap berlangsung aman, meski dilakukan di tengah pandemi virus Corona.

Apalagi turnamen itu digelar di saat tim belum melakukan persiapan secara maksimal. Hanya saja, beberapa tim akhirnya bersedia tampil, karena disebut akan memengaruhi perizinan. Pihak kepolisian pun akhirnya mengeluarkan izin, karena Piala Menpora berjalan dengan aman tanpa ada kasus.

PSSI dan (LIB) pun memutuskan kick-off /22 dilakukan pada 9 Juli. Tapi, meroketnya kasus pandemi COVID-19 di Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali, sehingga kompetisi diundur ke 20 Agustus.

menyebutkan, pemain dan tim sebetulnya sudah sangat siap menjalani kompetisi pada awal Juli. Namun kini mereka hanya pasrah menungggu kepastian dari pemerintah maupun PSSI.

“Kami sudah melakukan semuanya supaya bisa bermain lagi. Kami bermain di Piala Menpora yang mana kami terpaksa untuk mengikuti itu, karena turnamen itu untuk mendapat izin kepolisian” ujar Robert Alberts dikutip laman Simamaung.

“Itu sampai sekarang belum terjadi. Jadi pertanyaan besarnya adalah kenapa kami belum bisa bermain di liga?”

“Kami harus melihat seluruh situasi yang ada di Indonesia, dan kami terus menerus menanyakan pertanyaan yang sama: ‘Kenapa kami tidak bisa bermain sepakbola seperti negara lain?’. Tidak ada yang bisa memberi jawaban tepat, dan itu akan terus menjadi pertanyaan.”

Juru taktik asal Belanda ini mencontohkan sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara yang tetap menggulirkan kompetisi, meski pandemi COVID-19 mengalami peningkatan drastis.

“Contoh bagusnya yaitu negara tetangga, Malaysia. Ketika kasus COVID-19 sedang tinggi, lockdown total, sepakbola profesional di sana tetap bergulir. Klub tetap bisa berlatih, tetap bermain. Semua juga harus tetap mengikuti protokol kesehatan dan prosedur keselamatan,” papar Robert Alberts.

Berita Terkait