3 Kandidat Bank BUMN Berwarna Biru Calon Sponsor Baru Liga 1, Siapa Ya?

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) baru-baru ini membuat kejutan dengan membocorkan sponsor baru untuk Liga 1 2021, setelah kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerja sama.

Kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1 2021 masih belum menemui titik terang kapan akan segera dimulai lantaran kasus angka positif covid-19 di Tanah Air yang masih tinggi.

Padahal beberapa waktu lalu PSSI, PT LIB dan Kemenpora telah sepakat untuk segera memulai kompetisi musim baru di tengah situasi pandemi, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bahkan wacana tersebut juga sudah diberi lampu hijau oleh Presiden Jokowi, serta didukung oleh Polri yang siap memberikan izin pertandingan.

“Apabila nanti Pemerintah dan Polri memberikan izin, liga 1 akan bergulir pada awal Juli 2021 hingga Maret 2022.” ” kata ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

“Tanggalnya tentu nanti akan ditentukan begitu Polri memberikan izin dan kami proyeksikan kick off pada 3 atau 7 Juli mendatang,” tuturnya.

Namun seiring berjalannya waktu, harapan menggerakan roda kompetisi kian terkikis setelah kasus Covid-19 yang terus meroket. Hal itu berdampak terhadap izin kompetisi dari Polri serta Tim Satgas Covid-19.

Hingga akhirnya keputusan dibuat, dengan kembali menundanya hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Di tengah simpang siurnya kapan kick-off Liga 1 2021 bergulir, PT LIB mendapat angin segar. Mereka berhasil menggaet sponsor utama untuk Liga 1 musim baru nanti menggantikan Shopee.

Shopee merupakan sponsor utama di Liga 1 di musim lalu. Namun, jalinan kerja sama antara PT LIB dengan perusahaan ecommerce itu, tidak terjadi lagi pada musim depan.

Nantinya, nama sponsor baru tersebut bakal sebagai titel Liga 1 musim ini. Hal tersebut seperti yang dilakukan dengan perusahaan-perusahaan pada musim-musim sebelumnya.

“Kita tunggu sebentar lagi statement resmi dari PT LIB. Tunggu saja kejutanannya,” ucap Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita kepada INDOSPORT.

“Terkait siapa (sponsor baru) karena masuk dalam kesepakatan dengan sponsor jadi nanti saja,” tambah ia.

Meski belum disebutkan, namun sejumlah rumor beredar bahwa sponsor utama ini bergerak di sektor keuangan yakni salah satu bank milik pemerintah yang berwarna biru. Ada tiga bank plat merah dengan nuansa biru, siapa saja?

1. Bank BTN

Bank Tabungan Negara (BTN) dikenal sebagai salah satu bank yang tak hanya bergerak di sektor keuangan namun juga properti, dengan memberikan pinjaman berupa KPR bagi yang ingin membeli rumah.

Meski perusahaan keuangan, namun Bank BTN juga rupanya cukup aktif untuk berkontribusi memajukan olahraga sepak bola Tanah Air.

Hal itu bisa dilihat saat mereka menggelar turnamen internal saat memperingati HUT ke 69 pada 2019 lalu. Dalam event tersebut terdapat sejumalah pemain mantan pemain Timnas dan beberapa pemain muda yang ikut berpartisipasi di Jakarta.

Ini menjadi bisa menjadi kode bahwa Bank BTN juga masuk dalam calon sponsor Liga 1 2021 nanti.

2. Bank Mandiri

Bank BUMN dengan nuansa biru lainnya adalah Mandiri. Bagi para pecinta sepak bola nasional tentu tidak asing. Sebab, bank Mandiri sudah pernah menjalin kerja sama untuk menjadi sponsor di Liga Indonesia.

Bahkan kehadirannya menjadi tonggak sejarah baru dimana sepak bola Indonesia tidak lagi bergantung dengan sponsor dari perusahaan rokok.

Itu terjadi pada tahun 1999 dengan nama Liga Bank Mandiri. Kehadiran bank berplat merah ini membuat PSSI mendapatkan dana yang cukup besar untuk memutar kompetisi.

Pada musim 1999/2000, misalnya, PSSI memperoleh dana sponsor sebesar Rp7,2 miliar dari Bank Mandiri.

Dan masing-masing klub peserta memperoleh bagian pendapatan karena diwajibkan memasang logo bank tersebut di seragam tim, selain juga pemasangan papan iklan di pinggir lapangan.

3. Bank BRI

Terakhir adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). BRI menjadi kandidat paling kuat yang diisukan menjadi sponsor baru Liga 1.

“Bisa iya bisa tidak. Pokoknya sponsor baru Liga 1 bergerak di sektor keuangan. Saya baru bisa bicarakan hal ini,” ucap Akhmad Hadian Lukita.

Geliat BRI untuk ikut memajukan sepak bola Indonesia juga sudah terlihat sejak tahun 2018 lalu, saat mereka menjadi sponsor utama kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional.

Kala itu kompetisi dibuka secara langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy di Gelanggang Olah Raga (GOR) Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Selasa (09/10/18).

Pertandingan ini berlangsung mulai 8 hingga 21 Oktober 2018 dan diikuti 612 peserta, serta 136 pendamping (official) yang berasal dari 34 provinsi se-Indonesia.

Kompetisi sepak bola yang diselenggarakan untuk pertama kalinya ini dilaksanakan secara bertahap mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional.

Sebelum memasuki kompetisi tingkat nasional, GSI telah melibatkan 2.872 kecamatan, 257 kabupaten/kota, dan 11.435 sekolah.

Sementara itu PT LIB berencana menggelar Liga 1 pada 20 Agustus mendatang. Saat ini operator kompetisi tersebut sedang menyusun jadwal dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait.