Pelatih Persib: Mengapa Kami Tidak Bisa Main Sepak Bola Seperti di Negara Lain?

Pelatih Robert Alberts kembali mempertanyakan kebijakan otoritas di Indonesia karena sepak bola profesional belum bisa digulirkan.

Sementara berbagai negara di dunia sudah menggulirkan kompetisi sepak bola meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Padahal, aturan protokol kesehatan sudah dicoba dalam sepak , salah satunya dalam turnamen .

“Saya sering katakan jika negara-negara di dunia, contoh bagusnya yaitu negara tetangga, , ketika kasus Covid-19 sedang tinggi dan melakukan lockdown total, tapi sepak bola profesional tetap bergulir,” ujar pelatih Persib Bandung Robert Alberts saat dihubungi awak media, Rabu (21/7/2021).

Menurut Robert, di Malaysia dan beberapa negara lain, klub-klub tetap bisa berlatih dan bermain dengan mengikuti protokol kesehatan, juga prosedur keselamatan.

“Berbeda dengan kami, kami harus melihat seluruh situasi yang ada di Indonesia dan kami terus menerus menanyakan pertanyaan yang sama, kenapa kami tidak bisa bermain sepak bola seperti negara lain? Tidak ada yang bisa memberi jawaban yang tepat dan itu akan terus menjadi pertanyaan,” cetus Robert.

Sebelumnya, Robert optimistis /2022 bisa bergulir setelah perhelatan turnamen Piala Menpora 2021. Apalagi, semua klub yang mengikuti turnamen sudah melakukan prokes dengan disiplin dan digelar tanpa penonton, tujuannya agar Liga 1 bisa bergulir lagi.

“Kami bermain di Piala Menpora karena turnamen itu salah satu tujuannya untuk mendapat izin dari pihak Kepolisian dan itu sampai sekarang belum terjadi,” ucap Robert Alberts.

“Jadi pertanyaan besarnya adalah kenapa kami belum bisa bermain di liga?” tambah pelatih asal Belanda tersebut.

Kompetisi Liga 1 terhenti sejak Maret 2020 setelah Persib melewati tiga pertandingan akibat pandemi COVID-19, bahkan dibatalkan karena dianggap force majeur

dan PT pun selaku operator merencanakan Liga 1 akan digulirkan setelah turnamen Piala Menpora, tetapi rencana itu batal karena kasus COVID-19 belum terkendali sepenuhnya hingga saat ini.

pun berencana menggulirkan Liga 1 2021/2022 pada pertengahan Agustus 2021 nanti. Rencana itu tentu diharapkan tidak tertunda lagi.(Erwin Snaz)

Berita Terkait