68 Tim Siap Bertarung di Liga 3 Jatim

Pendaftaran calon peserta zona Jawa Timur 2021 ditutup Minggu tengah malam (20/6). Dari hasil verifikasi yang dilakukan Asprov PSSI Jawa Timur sejak Minggu (20/6) hingga kemarin (21/6), sebanyak 68 klub bersiap untuk bersaing di Liga 3 zona Jawa Timur 2021.

Beberapa klub yang menyandang nama besar ambil bagian. Sebut saja Gresik , Persibo Bojonegoro, Persema Malang, hingga Sidoarjo. Klub satelit Surabaya, PS Kota Pahlawan, juga ikut serta. Plus beberapa klub dengan nama baru seperti .

Wakil Ketua Umum Asprov PSSI Jawa Timur Amir Burhannudin mengatakan, 68 klub itu resmi lolos verifikasi. Artinya, secara legalitas, 68 klub tersebut sudah benar didaftarkan oleh pihak yang sah.

’’Selain itu, soal home base juga, lalu soal pelatih harus minimal lisensi C, tidak boleh di bawah itu. Klo B atau A boleh,’’ paparnya.

Jumlah yang mendaftar musim ini lebih banyak dibandingkan dua tahun terakhir. Pada 2019, ada 40 klub yang mendaftar. ’’Tapi, dalam perjalanannya, dua klub mengundurkan diri,’’ katanya. Pada 2020, calon pesertanya 60 klub.
Amir mengungkapkan, ada banyak faktor yang membuat jumlah peserta naik.

’’Bukan nambah sebutannya. Klub Liga 3 Jawa Timur itu boleh tidak ikut kompetisi. Syaratnya ikut kompetisi adalah jadi anggota Asprov PSSI,’’ ujarnya. ’’Kalau yang ikut 40, berarti sisanya tidak ikut. Begitu seterusnya,’’ bebernya.

Penambahan jumlah peserta bisa disebabkan adanya sanksi yang ada di keanggotaan Asprov PSSI Jatim. Apa itu? Yakni, sanksi pencoretan keanggotaan jika tidak ikut kompetisi Liga 3 zona Jatim dua musim beruntun.

Total jumlah anggota Asprov PSSI Jatim adalah 84 klub. Artinya, ada 16 klub yang musim ini absen. ’’Untuk selanjutnya, kami akan lakukan verifikasi terhadap klub yang mendaftar tersebut.

Jadi, 68 klub ini belum tentu lolos semua dan jadi peserta kompetisi Liga 3 Asprov PSSI Jatim. Untuk tim yang lolos verifikasi akan kami undang dalam manager meeting yang mungkin digelar Agustus nanti,’’ terang Amir.

Peserta Liga 3 zona Jawa Timur 2021 juga bertambah karena beberapa klub asal Jatim terdegradasi dari ke Liga 3. Yaitu, , , Perssu Sumenep, dan .

Berita Terkait

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.