Inggris Tetapkan Indonesia jadi Zona Merah, Tak Ada Elkan Baggott Lagi di Skuad Shin Tae-yong?

Pelatih timnas U-23 , , tampaknya kembali tidak bisa memanggil untuk memperkuat timnya di U-23 2022.

Shin Tae-yong kembali mendapat kesempatan untuk membuktikan tangan dinginnya di dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Seperti diketahui, juru taktik asal Korea Selatan itu masih gagal membuktikan kehebatan racikannya kala menukangi timnas Indonesia di 2022.

Meski sempat memberi harapan apik dengan mengimbangi Thailand 2-2 pada laga perdana, Shin Tae-yong dan skuad Garuda justru dilumat 0-4 oleh Vietnam dan 0-5 oleh .

Kini, pelatih 52 tahun itu ditantang untuk berhasil membawa timnas U-23 Indonesia ke putaran final Piala Asia U-23 2022 di Uzbekistan.

Timnas U-23 Indonesia sendiri tergabung dalam Grup G bersama dengan China, Australia, dan Brunei Darussalam.

Sebagai catatan, skuad Garuda Muda hanya pernah menang melawan Brunei Darussalam dalam pertemuan di Kualifikasi Piala Asia U-23.

Sementara mereka kalah dari Australia di ajang serupa dan kalah dari China di turnamen yang berbeda.

Berdasarkan evaluasi di Kualifikasi Piala Dunia 2022, timnas besutan Shin Tae-yong tampaknya masih memiliki lubang di lini pertahanan.

Duet bek tengah yang dipilih Shin Tae-yong saat itu kurang terkoordinasi sehingga membuka bagi tim lawan untuk mencetak gol.

Postur lini belakang skuad Garuda yang tidak terlalu tinggi juga menyebabkan Indonesia sering kebobolan lewat skema bola mati.

Sejatinya, pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Shin Tae-yong sempat memanggil bek keturunan berpostur 194 cm, Elkan Baggott.

Baca Juga: Jawaban Singkat Dustin Poirier Usai Ditantang Pecundang UFC di Twitter

Di timnas U-19 Indonesia, Baggott menjadi pemain kunci di sektor bertahan yang kerap melakukan penyelamatan gemilang.

Namun, karena saat itu UEA masuk daftar merah pemerintah Inggris, Baggott batal menyusul skuad Garuda dan memilih tinggal di Inggris.

Shin Tae-yong terpaksa memanggil bek Persebaya, , untuk menggantikan peran Baggott di timnas Indonesia.

Sayangnya, pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada 27-31 Oktober nanti, tampaknya Shin Tae-yong kembali tidak bisa memanggil Elkan Baggott untuk memperkuat timnya.

Baca Juga: Raphael Varane Sudah Mau ke Manchester United, Tinggal Tunggu Lampu Hijau

Selain karena babak kualifikasi ini tidak masuk dalam kalender FIFA, seluruh laga kualifikasi Grup G akan digelar di Indonesia.

Yang perlu diketahui, pemerintah Inggris baru saja memasukkan Indonesia ke dalam daftar merah.

Dilansir Bolasport.com dari situs pemerintah Inggris, www.gov.uk, aturan tersebut akan mulai berlaku pada 19 Juli nanti.

Status Indonesia yang menjadi episentrum baru pertambahan Covid-19 di Asia membuat pemerintah Inggris memperketat penerbangan baik menuju maupun dari Indonesia.

Baca Juga: Cedera Sampai Batal Bela Timnas Indonesia, Ini Kondisi Terbaru Bek Persebaya

Perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia memang masuk dalam tahap yang memprihatinkan dengan pencatatan rekor baru setiap harinya.

Terbaru, dikutip Bolasport.com dari Kompas, pada Kamis (15/7/2021), tercatat ada pertambahan kasus pasien positif Covid-19 sebanyak 56.757 orang.

Pada hari yang sama, ada 19.049 pasien dinyatakan sembuh dan ada 982 orang yang meninggal dunia.

Dengan penetapan Indonesia sebagai zona merah, maka pemerintah Inggris melarang masuk orang-orang yang berada di Indonesia dalam 10 hari terakhir sebelum terbang ke Inggris.

Baca Juga: Media Korea Selatan Sejajarkan Mangkualam dengan Philipp Lahm karena Emban 2 Posisi di Ansan Greeners

Pemerintah Inggris hanya memperbolehkan kedatangan orang-orang yang merupakan warga negara Inggris, warga negara Irlandia, atau orang asing lain yang punya izin tinggal.

Tak cuma itu, pemerintah Inggris mewajibkan siapa pun yang masuk ke negara mereka untuk menjalani karantina mandiri selama 10 hari di hotel yang sudah dipesan sebelum kedatangan.

Mereka juga wajib melakukan tes Covid-19 sebelum karantina hari kedua dan setelah karantina hari kedelapan.

Regulasi yang ketat itu tentu akan memberatkan Elkan Baggott seandainya kembali mendapat panggilan dari Shin Tae-yong.

Besar kemungkinan jika bek 18 tahun itu tidak akan datang ke Indonesia jika diajak untuk bergabung ke timnas U-23 Indonesia.

Berita Terkait