Robert Lewandowski Jadi Acuan Pelatih Arema FC Merekrut Carlos Fortes

Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida memiliki pertimbangan matang dalam merekrut Carlos Manuel Dos Santos Fortes sebagai striker asing pada kompetisi Liga 1 musim ini.

Hal ini sebagai penegas atas beragam kritik yang dilontarkan publik terhadap kebijakannya dalam bursa transfer.

Sasaran kritik yang ditujukan tak lain adalah statistik Carlos Fortes pada musim lalu. Bermain dalam 25 laga Liga Portugal 2, Fortes cuma menceploskan 2 gol bagi UD Vilafranquense.

“Saya pikir, (statistik) itu bukan jaminan. Bahwa prestasi tim yang terlihat tidak otomatis berbanding lurus dengan performa pemain,” ucap Eduardo Almeida pada Senin (12/07/21).

Kritikan itu juga tajam mengarah setelah UD Vilafranquense harus terdegradasi ke Liga 3 Portugal, setelah hanya menempati urutan 17 klasemen dengan 31 poin.

“Dia memang kurang beruntung musim lalu. Tapi jika dilihat, Fortes memiliki pengalaman penting di Liga Eropa,” imbuh dia.

Eduardo Almeida lantas mengacu pada statistik yang dipetik striker top yang bermain di Bundesliga Jerman. Yakni Robert Lewandowski, striker top Bayern Munchen sekaligus Timnas Polandia.

Maksud pelatih kebangsaan Portugal itu memang bukan untuk membandingkan secara head to head. Namun sebagai acuan terhadap prospek Carlos Fortes di Arema FC nantinya.

“Lewandowski bisa saya ambil contoh. Dia hanya mencetak 3 gol di Piala Eropa,” Pelatih Semen Padang di Liga 1 2019 itu menerangkan.

“Tetapi di level klub, dia striker terbaik. Lewandowski mencetak 41 gol untuk Bayern Munchen,” sambung dia.