Kompetisi Belum Jelas, Pemain Asing Bali United Minta Pulang

Liga 1 2021/22 kembali menjadi mister karena pandemi virus corona di Indonesia belum terkendali dengan baik. Liga 1 semestinya dimulai 9 Juli, tapi akhirnya harus mundur hingga waktu yang belum pasti.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memang mengatakan bahwa rencananya kompetisi akan digeber mulai akhir Agustus nanti, tapi sebenarnya banyak pihak yang tidak yakin hal tersebut bisa terealisasi, melihat kondisi Indonesia saat ini.

Ketidakpastian ini akhirnya membuat pemain asing Bali United minta pulang ke negaranya. Pemain yang dimaksud adalah bek tengah Willian Pacheco, yang akhirnya mendapat izin dari tim pelatih untuk pulang ke Brasil.

“Dia [Pacheco] minta pulang. Punya urusan pribadi buat mengurus di sana [Brasil]. Saat kompetisi belum mulai, kami pikir lebih bagus dia pergi buat selesaikan urusannya,” ucap Stefano Cugurra, pelatih Bali United.

Pacheco diketahui sudah berada di Brasil karena sang pemain memamerkan dirinya berada di sana, melalui Instagram pribadi miliknya. Teco, sapaan karib Cugurra, mengatakan bahwa Pacheco tetap diberi tugas ketika di sana.

“Nanti waktu kembali ke Indonesia, dia fokus di latihan lagi. Pelatih fisik sudah kasih program latihan ke pemain untuk mereka lakukan secara mandiri,” tutup pelatih yang pernah membawa Persija Jakarta juara Liga 1 tersebut.

Sebagai imbas dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali, pemain Bali United harus menjalani latihan secara mandiri. PPKM ini sudah dilakukan sejak 3 Juli, dan akan rampung pada 20 Juli nanti.

Bali United sendiri mestinya sudah merasakan tampil Piala AFC 2021, tapi kejuaraan antarklub Asia itu mengalami penundaan hingga akhirnya dibatalkan, khusus untuk Zona Asia Tenggara, yang tentu meliputi Indonesia.

Kini para pemain hanya bisa berharap pada Liga 1, agar jangan sampai dibatalkan seperti tahun lalu. Fahmi Al Ayyubi, winger lincah Serdadu Tridatu, tetap melakukan latihan mandiri supaya kondisinya tidak merosot ketika kompetisi digelar.

“Metode latihan yang saya jalankan adalah tetap mengarah pada kondisi fisik. Latihan fisik yang saya lakukan biasanya jogging, skipping, juggling dan latihan beban lainnya agar kondisi fisik tidak menurun selama kompetisi belum mulai. Saya berharap agar kompetisi segera dilaksanakan agar kami yang bekerja di bidang sepakbola bisa kembali bekerja di lapangan hijau,” ujar dia.