Ingin Liga 1 Tetap Jalan, PT LIB Sebut-sebut Ikatan Cinta

PT Liga Baru () berharap pemerintah bisa mengerti dengan niatan menggelar Liga 1 dan 2021. Mereka menyebut-nyebut sinetron Ikatan Cinta.

sudah memutuskan untuk menunda Liga 1 dan Liga 2 sampai akhir Agustus 2021. Angka penularan virus Corona yang tinggi menjadi sebabnya.

Ada kabar bahwa PPKM Darurat bisa saja diperpanjang karena efeknya belum terlalu terlihat sejak diberlakukan mulai 3 Juli. Angka penambahan kasus per hari COVID-19 secara nasional masih berada di kisaran 35-40 ribu.

Jika perpanjangan PPKM benar terjadi, maka nasib Liga 1 dan Liga 2 akan kembali terancam. Soal ini PT LIB berharap pengertian pemerintah, sepakbola disebut bisa membantu mengurangi beban mental masyarakat di masa-masa sulit.

“Sekarang ada isu perpanjangan PPKM Darurat, tapi hasil rapat (internal PT LIB) tadi kami ingin rapat dengan federasi bagaimana rencana kami tentang penjadwalan. Harapannya pemerintah bisa punya perlakuan khusus karena (sepakbola) kan bisa menurunkan pandemi,” kata Direktur Utama PT LIB mengungkapkan klaim kepada detikSport.

“Karena semua di rumah nonton sepakbola, harapan kami Liga 1 dan Liga 2 bisa main setiap hari. Ibu-ibu sudah diselamatkan dengan (sinetron) Ikatan Cinta, nah bapak-bapak dan anak muda dengan sepakbola,” ujarnya menambahkan.

Klaim PT LIB itu tak sejalan dengan fakta yang menunjukkan Ikatan Cinta bisa membantu menurunkan laju penularan COVID-19. Kasus baru penularan COVID-19, Selasa (13/7/2021), menembus 47.899, menjadi kasus tertinggi selama pandemi.

Selain itu, fakta bahwa Euro 2020 malah memicu peningkatan kasus baru COVID-19 di Eropa juga tak bisa dikesampingkan. Di pekan lalu, BBC melansir ada peningkatan sebanyak 10 persen usai dua bulan menurun.

Bahkan, di Skotlandia ada hampir 2.000 kasus baru yang dikaitkan dengan kerumunan saat Euro 2020. Belum lagi dengan kerumunan usai Jakarta menjuarai Piala 2021.

Dengan asumsi PPKM Darurat berakhir 20 Juli, maka kompetisi idealnya digelar 20 Agustus. Klub mau punya persiapan setidaknya selama 1 bulan sebelum berkompetisi. Penundaan kickoff kompetisi sampai akhir Agustus itu merupakan saran dari klub.

PT LIB berharap tak ada penundaan lagi. Andai PPKM Darurat diperpanjang pun diharapkan kompetisi tetap bisa bergulir pada Agustus.

“Nah ini federasi () pasti sudah berkomunikasi dengan sebelum tanggal 20 (Juli, akhir PPKM Darurat). Kami siapkan dengan jadwal-jadwal alternatif, harapannya Agustus. Kalau diperpanjang lagi maka bisa butuh waktu lagi buat persiapan,” tutur Lukita.

“Usulan kami, PSSI berkomunikasi ke otoritas pemerintah agar klub diperlakukan khusus. Jadi klub bisa menggelar persiapan menjelang liga dimulai, kalau bisa lebih cepat,” ucapnya.

Berita Terkait