Cerita Andritany Ardhiyasa: Berawal dari Pandemi, Bisnis Kedai Kopi Jadi Petualangan Baru

Kiper Jakarta, , berbagi cerita mengenai keputusannya ikut sang kakak, , terjun dalam bisnis coffeeshop. Pandemi COVID-19 turut menjadi faktor yang mendorong kiper itu untuk berkecimpung di dunia bisnis.

Sebelum Ardhiyasa turut bergabung, sang kakak yang juga kapten , Indra Kahfi, lebih dulu membuka usaha coffeeshop dengan nama Musim Kopi 27 di Jalan Moch. Kahfi II, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada awal 2019.

Namun, pada akhirnya Andritany pun memutuskan untuk ikut dalam bisnis tersebut. Pandemi COVID-19 turut mendorong Andritany untuk memikirkan bisnis apa yang akan digelutinya di luar lapangan hijau hingga akhirnya memutuskan bergabung bersama sang kakak.

“Karena waktu itu dirumahkan, akhirnya berpikir untuk bisnis. Saya memutar otak biar ada kerjaan. Akhirnya memutuskan untuk masuk sebagai investor baru di sini,” ujar Andritany Ardhiyasa dalam channel youtube Teman Makan.

Masuknya Andritany ke bisnis yang dimulai oleh sang kakak cukup memberikan dampak besar. Kiper Persija itu mengajak sang kakak memindahkan lokasi usahanya ke tempat yang lebih besar.

“Kebetulan kontrak yang di sana sudah habis. Saya katakan untuk pindah tempat dan mencari lokasi yang lebih besar. Saya berpikir biasanya apa yang dicari oleh orang yang ngopi, yaitu outdoor. Akhirnya kami cari tanah, kebetulan tinggal dekat sini, jadi ketemu lokasi ini,” kisah Andritany.

Andritany Ardhiyasa dan Indra Kahfi kemudian memindahkan lokasi kedai kopi itu ke Jalan Timbul IV, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Konsepnya sesuai yang diungkapkan Andritany, suasana luar ruangan yang membuat tamu bisa menikmati kopi sambil berbincang santai menikmati udara sore hari.

Selain memindahkan lokasi Musim Kopi 27 ke lahan yang lebih besar dan memiliki konsep outdoor, perkembangan lain yang dibawa oleh Andritany Ardhiyasa ke kedai kopi ini adalah ragam menu yang bisa dinikmati oleh tamu menjadi lebih bervariasi.

Jika sebelumnya hanya menawarkan berbagai jenis minuman plus beberapa pilihan makanan ringan, seperti dimsum, di lokasi yang baru ini kakak beradik pesepak bola ini menambah ragam makanan agar bisa membuat tamu yang datang bisa mengenyangkan perut, mulai dari steak wagyu hingga iga bakar tersaji di Musim Kopi 27.

Tak hanya itu saja, Andritany juga mengungkapkan bahwa ada satu makanan spesial yang disajikan di Musim Kopi 27 dan merupakan menu resep istimewa keluarganya, yaitu pindang kikil.

“Itu asli buatan ibu. Ayah orang betawi asli, sementara ibu tinggal dan besar di Jakarta. Dia belajar memasak pindang dari orang tua ayah dan akhirnya dijual juga di sini. Itu jadi satu menu andalan kami,” ujar Andritany.

Berita Terkait