Pelatih Ansan Greeners Akhirnya Ikuti Saran Shin Tae-Yong Ubah Posisi Asnawi Mangkualam Bahar

Pelatih mengungkapkan untuk kali pertama dirinya mengikuti saran pelatih menempatkan Bahar sebagai gelandang bertahan.

Gil-sik menerapkan formasi 5-3-2 di awal laga dengan menjadikan sebagai bek sayap kanan. Selanjutnya, ia menarik Asnawi sedikit lebih ke depan di posisi gelandang bertahan.

Skema ini membuat Asnawi tidak terlalu banyak membantu serangan tim seperti sebelum sang pemain absen di beberapa laga Ansan. Kendati demikian, Gil-sik mengaku cukup puas dengan performa Asnawi sebagai gelandang bertahan.

Kala Asnawi menjalani laga awalnya bersama Ansan, Tae-yong sempat menyebutkan posisi pemain berusia 21 tahun itu bermain lebih baik di sektor belakang, baik sebagai bek sayap maupun gelandang bertahan, dibandingkan serangan.

“Jika kita bicara tentang Asnawi, nama pelatih Shin Tae-yong pasti akan muncul. Saya mendapat banyak masukan. Dia juga berkomunikasi dengan Asnawi. Dia (Tae-yong) pernah menyebut posisi gelandang bertahan,” ujar Gil-sik dikutip laman Sports-G.

“Saya tiba-tiba ingat dengan pesannya itu, dan mencoba menerapkannya. Dia melakukan tugasnya dengan baik, jauh dari dugaan saya semula. Ini pertama kalinya saya memainkan dia sebagai gelandang bertahan.”

“Tapi saya juga bisa bilang ada beberapa kendala. Melihat kondisinya (Asnawi), saya pikir dia telah mempersiapkan dirinya dengan baik. Dia juga melakukan tugasnya dengan bagus di sektor penyerangan.”

Sebelum pertandingan, Gil-sik memang sempat mengkhawatirkan kebugaran Asnawi, mengingat cuaca yang cukup panas di Ansan. Namun Asnawi bisa meyakini Gil-sik dirinya bakal bermain maksimal, meski cuaca cukup panas.

Bahkan performa Asnawi mendapatkan pujian dari Choi Geon-joo. Pencetak gol kedua Ansan ini mengaku dirinya tidak bisa bermain maksimal akibat suhu yang panas di Ansan. Namun ia melihat Asnawi mampu memperlihatkan performa lebih baik dibandingkan dirinya yang baru diturunkan di babak kedua.

“Cuaca sangat panas buat saya, sangat lembab, dan sangat mengganggu. Asnawi juga menghadapi situasi yang sama. Dia bermain sejak menit awal, tapi dia bermain lebih baik dibandingkan saya,” ucap Geon-joo.

Berita Terkait