Menanti Kembali Ledakan Frets Butuan Bersama Persib Bandung di Liga 1

Penampilan Frets Listanto Butuan bersama Bandung pada ajang 2021 mencuri perhatian.

Selama berlaga di turnamen pramusim itu, bermain sebanyak 8 kali dengan catatan 3 gol.

Performa gemilangnya itu membuat Frets Butuan masuk nominasi sebagai pemain terbaik turnamen. Kendati kalah dari Marc Klok, banyak pihak yang memprediksi Frets menjadi super star baru Maung Bandung di Liga 1 2021.

Pemain kelahiran Ternate, 14 Juni 1996, memulai karier profesionalnya sebagai pesepak bola pada musim 2016 bersama PS TNI. Kala itu, Frets Butuan merupakan anggota TNI aktif yang cukup gemar bermain sepak bola.

Pada musim 2018, tawaran datang dari klub Liga 1, Medan. Sejak saat itulah, publik sepak mulai mengenal kemampuan Frets.

Selama berseragam PSMS, Frets Butuan bermain sebanyak 27 kali dengan catatan 6 gol dan 4 asist. Berkat penampilannya itu, banyak klub yang memburu tanda tangannya termasuk Persib Bandung.

Tepat pada Januari 2019, Frets Butuan bersama beberapa pemain PSMS Medan lainnya seperti Abdul Aziz dan resmi diperkenalkan Persib Bandung. Frets dikontrak Persib selama 2 tahun.

Pada awal musim, Frets Butuan cukup jarang tampil. Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, lebih memilih memasang dan Esteban Vizcarra di sektor sayap.

Namanya pun sedikit terlupakan karena Frets Butuan sorotan lebih tertuju kepada Abdul Aziz dan Erwin Ramdani yang kala itu sama-sama baru didatangkan dari PSMS Medan.

Memasuki putaran kedua, Frets Butuan mulai rajin diturunkan oleh Robert Alberts untuk bermain. Sepanjang musim, Frets tampil sebanyak 16 kali dengan 12 di antaranya sebagai starter dan membukukan 3 gol.

Satu gol ikoniknya adalah kala membantu Persib mengalahkan Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Denpasar, Bali, 28 Oktober 2019. Ketika itu, ia mencetak satu gol yang membuat Persib menang dengan skor 2-0.

Sejak saat itu, Frets Butuan lebih sering tampil dan namanya kembali naik. Dia pun dipercaya tampil Robert Alberts untuk menyisir sisi kiri penyerangan Persib.

Memasuki Liga 1 2021, Frets Butuan menjelma sebagai pemain yang tergantikan. Dari tiga pertandingan yang dijalani Persib sebelum dihentikan karena pandemi virus korona, Frets tampil penuh.

Penampilan terbaiknya selama berseragam Persib Bandung terjadi di Piala Menpora. Dia pun mendapat posisi barunya sebagai seorang second striker.

Frets di Piala Menpora tampil sangat mengejutkan, daya ledaknya ketika bermain membuat lawan kerap kali kesulitan mengantisipasinya. Peran sebagai second striker pun dilakoni Frets Butuan dengan sempurna.

Dia mengungkapkan, salah satu hal yang membuatnya bisa tampil baik selama Piala Menpora adalah kerja keras dan tak mau kalah. Hal itulah yang dikatakan Frets Butuan membentuknya sebagai pemain tangguh.

“Yang pertama saling percaya sama teman, percaya diri, hasil kerja keras, fokus dalam pertandingan, itu mungkin kenapa saya bisa cetak gol karena saya fokus terus konsentrasi dan kasih yang terbaik di pertandingan,” ujar Frets Butuan saat ditemui di Soccer Republic, Pasteur, beberapa waktu lalu.

Kini, Frets Butuan memiliki modal yang cukup bagus untuk menghadapi Liga 1. Dengan penampilan moncernya selama Piala Menpora, Frets berharap hal itu berlanjut di kompetisi sesungguhnya.

“Kini, saya sedang fokus dan mesti tambah kerja keras lagi di masa persiapan untuk liga bersama Persib agar bisa mendapatkan yang terbaik. Harapannya pasti bisa meraih mimpi tertinggi, prestasi bersama klub,” katanya.

Berita Terkait