Shin Tae Yong Sudah Curi Start Siapkan Timnas U-23

Timnas U-23 memiliki misi untuk lolos pertama kalinya ke putaran final 2022 di Uzbekistan.

Dalam empat kesempatan sebelumnya, Indonesia selalu gagal di babak kualifikasi. Kali ini atau pada bulan Oktober mendatang, Timnas memiliki peluang untuk mewujudkan mimpi itu.

Berada di Grup G babak kualifikasi, Indonesia akan menjadi tuan rumah dan akan menghadapi Australia, China da Brunei Darussalam.

Praktis hanya Australia yang diyakini memiliki kualitas diatas skuat Garuda muda. Sementara Indonesia boleh optimis unggul daru China dan tentu saja dari Brunei.

Hanya juara grup di babak kualifikasi dan empat runner-up terbaik yang lolos ke Uzbekistan.

Pelatih Shin Tae Yong sendiri sudah meraba komposisi pemain Timnas U-23 yang ia bawa dalam rombongan skuat senior di lanjutan babak 2022 zona Asia bulan Juni lalu.

Walau kalah dua kali masing-masing melawan Vietnam dan UEA serta imbang melawan Thailand, para pemain muda Indonesia mendapat pengalaman bermain di level tertinggi internasional. Itu menjadi bekal bagi para pemain muda untuk tampil apik di kualifikasi Piala Asia U-23.

Setidaknya ada 15 pemain yang sudah dibawa oleh Shin Tae Yong, mereka dibawah usia 23 tahun atau lahir setelah 1 Januari 1999 yang merupakan batasan untuk tampil di Piala Asia U-23 2022.

Kebanyakan pemain muda yang dipromosikan ke tim senior adalah mereka jebolan U-19 yang batal tampil di Piala Dunia U-220 2021. Mereka sempat menjalani serangkaian pemusatan latihan di Eropa, baik di Kroasia dan juga Spanyol.

Nama-nama seperti Asnawi Manngkualam, Egy Maulana, , Rizky Ridho, Witan Sulaeman, hingga Braif Fatari bahkan sudah mencicipi caps internasional atau menit bermain yang reguler dari Shin Tae Yong.

Selain itu diharapkan Liga 1 2021 bisa dimulai tepat waktu atau bulan Agustus mendatang sehingga Shin Tae Yong bisa memantau nama-nama lain di klub.

Beberapa nama layak dipertimbangkan untuk masuk ke timnas u-23 setelah tampil apik di Pial Menpora 2021. Sebut saja Marselino Ferdinan dan Supriadi dari Persebaya, lalu ada Alfriyanto Nico dan Taufik Hidayat dari Persija.

Sebelumnya, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan bahwa Timnas Indonesia siap menghadapi ajang kualifikasi tersebut. Babak Kualifikasi Grup G akan berlangsung pada 27 hingga 31 Oktober mendatang di Indonesia.

“Kami menargetkan Indonesia dapat lolos ke putaran final 2022. Apalagi di babak Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 kami menjadi tuan rumah Grup G,” kata Yunus.

“Untuk itu, PSSI ingin pelatih Shin Tae-yong dapat mempersiapkan tim dengan maksimal untuk mengikuti event tersebut. PSSI tentu mendukung penuh program latihan dari pelatih Shin Tae-yong demi torehan terbaik Timnas Indonesia,” tambahnya.

Berikut daftar pemain yang bisa tampil untuk Timnas U-23:

Braif Fatari (19 tahun)
Pratama Arhan (19 tahun)
Rizky Ridho (19 tahun)
Witan Sulaeman (19 tahun)
(19 tahun)
Saddam Gaffar (19 tahun)
Adi Satryo (20 tahun)
Egy Maulana (21 tahun)
Riyandi (21 tahun)
(21 tahun)
Rachmat Irianto (21 tahun)
Rifad Marasabessy (22 tahun)
Firza Andika (22 tahun)
Syahrian Abimanyu (22 tahun)
Aqil Savik (22 tahun)

Berita Terkait