Malaysia Kirim Tim U-20 Ke Kualifikasi Piala Asia U-23 2022

Federasi sepakbola (FAM) memutuskan mengirim tim di bawah usia 20 tahun untuk tampil di kualifikasi 2022 di Mongolia pada 23 hingga 31 Oktober.

Berdasarkan hasil undian di Tashkent, Uzbekistan, kemarin, Malaysia masuk ke dalam Grup J. Selain menghadapi tuan rumah Mongolia, Malaysia juga akan meladeni dua tim asal Asia Tenggara, Thailand dan Laos.

Direktur teknik FAM mengutarakan, pihaknya tidak akan mengirim skuad U-22 seperti yang diinginkan , melainkan tim U-20 asuhan Brad Maloney. Hal ini bagian dari program jangka panjang FAM agar mereka bisa tampil di 2024.

“Keputusan ini sudah dibuat dalam rapat komite manajemen FAM sebelumnya, dan kemudian mendapat persetujuan dari komite eksekutif (Exco) FAM,” jelas Kim Swee dilansir laman resmi FAM.

“Kelompok pemain ini akan dipersiapkan lebih awal, mulai tahun ini, untuk menghadapi dua babak kualifikasi, yaitu 2022 Oktober ini, dan kualifikasi U-23 2024 pada 2023. Selain itu, di Vietnam pada tahun 2021 (diundur menjadi 2022) dan di Kamboja pada tahun 2023.”

“Jadi kelompok pemain ini akan diberikan lebih banyak bermain, dan persiapan jangka panjang untuk kampanye kualifikasi Olimpiade 2024.”

Kim Swee menampik anggapan kebijakan itu sebagai bentuk meremehkan dua calon lawan mereka di kualifikasi, yakni Laos dan Mongolia. Menurut Kim Swee, Malaysia tidak masuk ke dalam grup yang mudah.

“Kami mengirim skuad U-20 bukan disebabkan ini undian mudah. Kami harus melalui Grup J dengan berat. Kami akan bertemu Laos di pertandingan pertama, dan kami sering bertemu mereka di turnamen Asia Tenggara. Kami tidak boleh meremehkan mereka, karena belakangan Laos menunjukkan peningkatan,” sanggah Kim Swee.

“Lalu di laga kedua bertemu Mongolia. Tentu saja ini juga bukan pertandingan yang mudah, karena kami tahu mereka mempunyai keunggulan sebagai tuan rumah. Sedangkan pertandingan ketiga melawan Thailand, yang merupakan musuh tradisional kami, dan menjadi penantang utama.”

“Kami tetap harus mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk lolos ke putaran final. Jika berhasil lolos, itu menjadi bonus buat pemain tim U-20 untuk menghadapi turnamen yang lebih tinggi.”

Berita Terkait