PSSI: AFC Masih Ingin Lanjutkan Piala AFC Zona ASEAN

Piala 2021 Zona masih berpeluang untuk dilanjutkan, setelah sempat ada potensi pembatalan karena tak ada tuan rumah terpusat pengganti Singapura.

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Sekjen AFC menjanjikan AFC akan mengambil keputusan paling lambat akhir pekan lalu. Saat pengumuman AFC akhirnya terbit, Senin (5/7/2021), ternyata masih belum ada keputusan soal Piala AFC Zona ASEAN.

Selain Zona ASEAN, ada juga Zona Asia Selatan yang belum menunjuk tuan rumah. Soal ini, AFC masih berharap Zona ASEAN dan Zona Asia Selatan masih bisa digelar.

“AFC masih menunggu kesediaan dari federasi asal klub peserta. Intinya masih menunggu perkembangan (COVID-19),” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport.

Adapun AFC dalam keputusan terbarunya tak menyebut spesifik nasib Piala AFC Zona ASEAN dan Zona Asia Selatan. Hanya disebutkan ada potensi pembatalan dan menetapkan situasi force majeure pada kesempatan selanjutnya.

“Telah diputuskan kompetisi (Piala AFC) tetap lanjut dengan sisa laga yang ada, di saat yang sama, semua laga di semua babak yang tak bisa digelar karena meningkatnya angka penularan COVID-19, akan dibatalkan dan pembatalan itu dianggap sebagai kejadian force majeure,” begitu tulis pernyataan AFC.

PSSI punya kepentingan di Piala AFC karena Indonesia ada dua wakil yakni Bali dan Jayapura. Untuk itu, PSSI pun menjalin komunikasi dengan AFC soal lanjutan Piala AFC ini.

Federasi sepakbola Indonesia sebelumnya juga mengajukan diri menjadi pengganti Singapura. di Gianyar, Bali, diajukan menjadi venue untuk grup-grup Zona ASEAN (Grup G, H, dan I). Belum ada kepastian dari AFC terhadap niatan PSSI itu.

“PSSI masih tetap berharap menjadi tuan rumah, tetapi tentu menunggu perkembangan COVID-19. Kendalanya kan di pandemi COVID-19 ini. Opsinya masih di sana (Stadion Kapten I Wayan Dipta),” ucap Yunus Nusi.

Berita Terkait