AFC Putuskan Force Majeure, Bali United dan Persipura Kemungkinan Batal Bermain di Piala AFC 2021

dan Jayapura kemungkinan gagal bertanding di 2021. Konfederasi Sepak Bola Asia () berencana untuk membatalkan sejumlah babak penyisihan yang tidak mendapatkan venue sentralisasi.

Melalui lamannya pada Senin (5/7/2021), AFC lewat Komite Eksekutif (Exco) AFC mengumumkan beberapa kebijakan terkait perubahan format Piala AFC dan tahun ini dan tahun depan.

AFC tetap akan melanjutkan untuk tim-tim yang telah bertanding di babak penyisihan.

Dari Grup A-J, empat grup di antaranya belum dimainkan karena ketiadaan tuan rumah. Bali United di Grup G dan Persipura di Grup H menjadi dua grup yang tidak kunjung bergulir. Dua grup lainnya adalah Grup D dan Grup I.

Exco AFC bakal membatalkan sejumlah grup tersebut dengan alasan force majeure atau keadaan kahar.

“Diputuskan bahwa Piala AFC akan dilanjutkan dengan sisa pertandingan dan grup sebanyak mungkin. Sementara pada saat yang sama, pertandingan di semua tahap yang tidak dapat dimainkan karena pandemi COVID-19 akan dibatalkan dan pembatalan diakui sebagai peristiwa force majeure,” tulis AFC dalam lamannya.

Nasib sejumlah babak penyisihan Piala AFC 2021 sedari awal telah luntang-lantung. Misalnya Bali United di Grup G dan Persipura di Grup H, kedua grup itu seharusnya dijadwalkan digelar pada akhir Juni dan awal Juli 2021.

Semula, AFC telah menunjuk Singapura sebagai penyelenggara untuk Grup H dan I, namun negara itu menarik diri karena pandemi COVID-19.

lewat PSSI juga sempat berminat untuk menjadi tuan rumah bagi wakilnya di Piala AFC. Namun, niatan itu kemungkinan tidak akan terwujud mengingat kasus COVID-19 yang semakin parah di Tanah Air.

Selain rencana membatalkan sejumlah grup Piala AFC, AFC juga mengubah format babak gugur Piala AFC dan Liga Champions Asia 2021 dari kandang-tandang menjadi partai tunggal.

Berita Terkait