PSSI Masih Akan Lakukan Naturalisasi Pemain Timnas Indonesia

sepertinya belum akan menutup proses pemain luar negeri untuk membela . Namun itu semua dilakukan bila memang dari rekomendasi selaku pelatih .

Hal ini diutarakan oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Dimana pihaknya akan mengajukan naturalisasi pesepakbola luar negeri ke pemerintah jika hal itu diminta langsung oleh Shin Tae-yong.

“Kami akan membuka diri selama rekomendasi untuk menaturalisasi pemain datang dari Shin Tae-yong,” ucap Yunus Nusi dalam saluran YouTube PSSI.

Yunus pun menegaskan tidak akan mengintervensi kemauan Shin Tae-yong. Baginya PSSI menunggu rekomendasi Shin Tae-yong bila memang ada.

“Kami menunggu rekomendasi dan tidak akan mengintervensi,” tegasnya.

Dalam proses naturalisasi nantinya pun, Yunus mengatakan PSSI belajar dari kasus Ezra Walian. Dimana seperti diektahui proses naturalisasi Ezra sempat terkendala karena beberapa berkas yang dinyatakan kurang lengkap.

“Kami mengevaluasi kasus Ezra yang beberapa tahun baru selesai. Itu menjadi pelajaran bahwa kalau mengurus naturalisasi harus serius dan menyiapkan semuanya,” pungkas ia.

Ezra, yang dinaturalisasi dari Belanda, sempat dilarang memperkuat Timnas Indonesia pada laga atau ajang / mulai tahun 2019 karena terganjal perpindahan status keanggotaan dari Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) ke PSSI.

Permasalahan itu sendiri pada akhirnya selesai pada Juni 2021 setelah PSSI melengkapi dokumen dan FIFA menyatakan Ezra memenuhi syarat untuk memperkuat skuad Garuda pada ajang FIFA.

Berita Terkait