Sambil Menunggu Kick-Off Kompetisi, PT LIB Ingatkan Klub soal Protokol Kesehatan

Klub Diharapkan tidak lupa akan penerapan protokol kesehatan ketika kompetisi dan mengalami penundaan hingga akhir Juli 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Operasional (), .

Dikatakan Sudjarno, maupun tidak bisa mengawasi secara penuh perihal protokol kesehatan yang diterapkan masing-masing tim.

Maka dari itu, tanggung jawab penuh mesti dipegang klub tersebut.

“PSSI dan PT LIB tidak bisa menjangkau klub secara 24 jam mengawasi mereka,” ujar Sudjarno.

“Yang paling penting sebelum kick-off (kompetisi), klub mempunyai tanggung jawab menerapkan protokol kesehatan di dalam lingkungan tim,” sambung Sudjarno.

Jika tanggung jawab itu tidak bisa dijalankan dengan baik, bakal berpotensi menjadi sebuah masalah saat kompetisi digulirkan.

Meskipun pada pelaksanaan kompetisi nanti, seluruh anggota tim akan melewati serangkaian pemeriksaan.

“Ini memang menjadi kunci ketika nanti kalau tidak bisa menerapkan protokol kesehatan di dalam klub dan saat berangkat ke lokasi pelaksanaan kompetisi itu nanti bisa masalah,” ujar Sudjarno.

“Kami sudah punya di kompetisi, ketika dia (anggota tim) sudah berada di kluster, betul-betul kami screening, berangkat dari homebase sudah harus negatif.”

“Kemudian begitu sampai hotel sebelum masuk kamar kami swab antigen,” sambung Sudjarno.

Sudjarno yakin pada pelaksanaan kompetisi tidak akan menimbulkan kluster penyebaran COVID-19 apabila penerapan protokol kesehatan bisa dijalankan dengan baik.

“Kami belajar dari Piala Eropa (EURO), apakah ada yang kena, ada, tapi mereka bisa menangani dengan baik,” ujar Sudjarno.

“Yang penting bagaimana tidak menjadi cluster,” sambung Sudjarno dalam sesi jumpa pers secara virtual, Selasa (29/6/2021).

Adapun pandemi COVID-19 yang tengah mengkhawatirkan menjadi alasan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 mesti ditunda hingga akhir Juli 2021.

Semula gelaran Liga 1 diagendakan bergulir pada 9 Juli mendatang.

Sementara untuk kompetisi Liga 2 baru berlangsung selang 14 hari setelah kick-off Liga 1.

Berita Terkait